Pemkab Solsel Bagikan Seragam Sekolah Gratis di Kecamatan Sungai Pagu

×

Pemkab Solsel Bagikan Seragam Sekolah Gratis di Kecamatan Sungai Pagu

Bagikan berita
Pemkab Solsel Bagikan Seragam Sekolah Gratis di Kecamatan Sungai Pagu. (Foto: Dok istimewa)
Pemkab Solsel Bagikan Seragam Sekolah Gratis di Kecamatan Sungai Pagu. (Foto: Dok istimewa)

KUPASONLINE.COM - Pemkab Solok Selatan mengadakan program unggulan, 'Baju seragam sekolah gratis' dibagikan se-Kecamatan Sungai Pagu untuk tingkat sekolah dasar (SD) dan SMP, Tahun Ajaran 2023/2024.Pemkab Solok Selatan membagikan seragam sekolah gratis tersebut secara simbolis penyerahan di awali Bupati Khairunas, Wakil Bupati Yulian Efi, Ketua DPRD Zigo Rolanda Pembagian bertempat di RTH Muaralabuh, Selasa, 07 Agustus 2023.

Di kesempatan tersebut dalam sambutanya, Bupati Khairunas berharap bantuan pakaian seragam gratis dapat meringankan beban para orang tua dan memberikan motivasi bagi para siswa untuk lebih giat belajar.Misi pemerintah, peningkatan kualitas SDM yang berkarakter, produktif dan kompetitif, tujuannya adalah untuk mempersiapkan generasi Solok Selatan yang berkualitas, berdaya saing dan memiliki akhlak yang baik, katanya.

Sekretaris Dinas Pendidikan Solsel, Safrizal S.Pd, pada laporannya, total seragam gratis yang dibagikan di Kec. Sungai Pagu berjumlah 1380 stel untuk siswa/i baru SD-SMP.Adapun rinciannya yaitu sebanyak 944 stel untuk siswa/i tingkat SD terdiri dari 472 stel seragam merah putih dan 472 stel seragam pramuka, kemudian untuk siswa/i tingkat SMP sebanyak 536 stel terdiri dari 268 stel seragam putih biru dongker dan 268 stel seragam pramuka.

Untuk tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan membagikan sebanyak 21.828 stel pakaian sekolah gratis.Sebanyak 12.734 dibagikan kepada murid TK, SD dan SMP dibawah Dinas Pendidikan Solok Selatan.

Sementara sebanyak 9.094 stel pakaian akan dibagikan kepada siswa madrasah dibawah Kementerian Agama (Kemenag) dan siswa baru SMA/SMK.Lebih lanjut, Khairunas menyatakan komitmen ini tidak hanya untuk program seragam gratis, namun program lainnya seperti program kepala sekolah penggerak/guru penggerak, beasiswa untuk murid berprestasi, baik di tingkat SD, SMP dan SMA maupun untuk masuk ke perguruan tinggi yang terus dilaksanakan hingga tahun ini.

Hal ini juga merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan nilai-nilai agama di kalangan pelajar.Ketua DPRD Solsel, Zigo Rolanda, menjelaskan program ini menjadi program prioritas pemerintahan kabupaten Solok Selatan TA 2021-2026 yaitu untuk peningkatan sumber daya manusia yang berkarakter, produktif dan kompetitif.

Tidak hanya persiapan SDM yang baik, dalam membentuk SDM yang berkarakter, Zigo kembali menegaskan tentang program 1 jorong 1 rumah Tahfidz,"Didirikannya rumah Tahfidz menjadi tanggung jawab bersama sebagai umat muslim yang mayoritas dianut oleh masyarakat Solok Selatan, juga bentuk implementasi filsafat adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah," ungkapnya.

Zigo menyampaikan, DPRD Solsel, terus mendorong agar kedepan untuk tahun 2024 pemerintah akan melakukan pre-test membaca Al-Quran atau ayat pendek saat pendaftaran untuk semua calon siswa TK, SD, dan SMP.Terakhir, Ketua DPRD Solok Selatan tersebut juga mendorong program kesehatan untuk pengentasan stunting khususnya di Solok Selatan.

Acara ini juga turut dihadiri Wabup H Yulian Efi, Asisten, Staf Ahli, Forkopimda, Ketua TP PKK, Ketua GOW, jajaran Kepala OPD. (mrl)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini