Traffic Light yang Ada di Kota Pariaman Rentan Rusak

×

Traffic Light yang Ada di Kota Pariaman Rentan Rusak

Bagikan berita
Afwandi, Kepala Dinas Perhubungan Kota Pariaman.
Afwandi, Kepala Dinas Perhubungan Kota Pariaman.

KUPASONLINE.COM - Pada akhir-akhir ini traffic light di Kota Pariaman, rentan rusak, karena keberadaanya sudah lama, rata-rata dengan pemanfaatan di atas 15 tahun lebih sampai saat ini."Makanya sampai sekarang, bila kondisi cuaca hujan lebat, kilat dan petir, kegamangan akan kerusakan traffic light terus ada," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Pariaman, Afwandi, Sabtu 5 Agustus 2023.

Ada sebanyak 11 titik traffic light di Kota Pariaman, umumnya sudah berusia diatas 15 tahun, kata dia.Traffic light sering mengalami kerusakan, dan juga dana perawatan melalui APBD sering tak mencukupi.

Apalagi akhir-akhir ini anggaran sering diselimuti devisit, makanya perbaikan kerusakan terkadang sedikit agak molor.Kerusakan traffic light itu ada pada komponenya, kadang pada otomatis pengaturnya.

Dalam pelaksanaan perbaikan, kerusakan kalau itu hanya kerusakan ringan, dapat segera diperbaiki dan berfungsi normal kembali.Namun sebaliknya, bila kerusakan komponen tak dapat diperbaiki dan harus diganti, disinilah pihaknya sering terkendala dana.

Terkait hal tersebut, pihaknya tetap bertekad untuk menjaga optimalisasi fungsi traffic light yang ada di persimpangan jalan Kota Pariaman untuk kenyamanan masyarakat berlalu lintas.Pengajuan anggaran ke Pemko Pariaman untuk mengganti lampu pengatur lalu lintas yang lama dengan yang baru melalui APBD masih terus dilakukan tiap tahun,  namun masih belum terealisasi juga sampai saat ini.

Selain menjangkau dana APBD untuk traffic light dengan yang baru, pihaknya juga menjangkau dana pusat melalui kementerian terkait untuk mendapatkan dana.Upaya itu dilakukan untuk keberfungsian traffic light yang lebih baik dan kenyamanan masyarakat berlalu lintas ketika melewati persimpangan jalan yang ada dan ramai di Kota Pariaman ini, kata Afwandi.(Tre's).

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini