Progul Eka Putra Angkat Padang Gantiang Nagari "Tuan Khadi"

×

Progul Eka Putra Angkat Padang Gantiang Nagari "Tuan Khadi"

Bagikan berita
Foto Progul Eka Putra Angkat Padang Gantiang Nagari "Tuan Khadi"
Foto Progul Eka Putra Angkat Padang Gantiang Nagari "Tuan Khadi"

KUPASONLINE.COM - Di dalam sejarah kerajaan Minangkabau, Raja dibantu oleh beberapa menteri utamanya yang membidangi tugas masing-masing.Salah seorang diantaranya adalah "Tuan Khadi" di Padang Gantiang yang diangkat semasa itu untuk jabatan Menteri Agama dan Pendidikan.

Tuan Khadi dengan nama kecil Mas'ud dapat melaksanakan amanat yang diberikan Raja Pagaruyung Adityawarman sekitar abad 17.Hasil karya tuan Khadi sampai sekarang dapat kita lihat di Jorong Koto Gadang Nagari Padang Gantiang, Tanah Datar (Dr.H.Nurasa Darun, MA).

Bupati Kabupaten Tanah Datar, Eka Putra, SE.MM., mengangkat kembali potensi lokal tersebut melalui Program Unggulan (Progul) Satu Nagari Satu Eventnya.Progul Satu Event Satu Nagari dibuka secara resmi oleh Bupati Eka Putra pada Sabtu 28 Juli 2023 di Lapangan Guguak Piliang Bukik Nagari Padang Gantiang.

Sebelum kegiatan dimulai, sebanyak 3.200 buah Lopek Baisi (makanan tradisional) dibagikan oleh panitia secara gratis kepada siapa saja yang hadir di event Festival Pesona Nagari Tuan Khadi tersebut.Bupati Eka Putra pada kesempatan itu menyampaikan selain lezatnya Lopek Baisi, Nagari Padang Ganting juga terkenal memiliki beberapa potensi wisata yang bernilai tinggi.

Seperti Makam Tuan Kadhi, Pemandian Air Panas, Batu Jajak Nabi dan Air Terjun Tujuh Tingkat (Aia Tajun Tujuah Tingkek).Dengan kegiatan ini Nagari Padang Ganting dapat dikenal secara luas dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan.

Dalam pembukaan Festival Nagari Tuan Khadi ini juga ditampilkan tarian kolosal dan direncanakan akan ditampilkan pada acara tahunan Pemerintah Daerah (Pemda) Tanah Datar yaitu Festival Pesona Minangkabau (FPM) di tahun ini.Dikesempatan itu Bupati Eka Putra juga sampaikan ucapan terimakasih dan mengapresiasi para perantau Padang Ganting yang ikut berkontribusi atas terselenggaranya kegiatan itu tersebut.

"Ini menandakan kekompakan masyarakat Nagari Padang Ganting baik di kampung halaman maupun yang ada di perantauan, ungkap Bupati Eka Putra.Pada kesempatan itu salah seorang tokoh masyrakat Nagari Padang Ganting Musliar Kasim mengaku bangga dengan terselenggaranya Progul Festival Pesona Nagari Tuan Kadhi yang akan memberikan begitu banyak dampak positif ke daerah itu.

Diungkapkan Nagari Padang Ganting adalah daerah kebanggaan kita bersama, disini banyak lahir tokoh-tokoh besar, seperti Tuan Kadhi dan banyak lainnya.Melalui acara ini kita bisa mengenalkannya kembali ke masyarakat luas, disamping promosi potensi wisatanya.

Musliar Kasim mengharapkan Pemda dapat menggelola potensi wisata di Nagari Padang Ganting secara baik, sehingga kesejahteraan masyarakat dapat meningkat.Wali Nagari Padang Ganting Marzal Umar mengatakan seluruh stand UMKM yang ada di Festival Pesona Nagari Tuan Kadhi berasal dari Nagari Padang Ganting.

Dari Panitia membuka pintu selebar-lebarnya untuk masyarakat yang ingin menampilkan produk UMKM nya melalui stand yang telah disediakan.Disampaikan juga selama tiga hari penyelenggaraan acara tersebut, akan ditampilkan kreasi seni dari anak nagari.

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini