Terkait BPJS, Bupati Eka Putra: Silahkan Buka-bukaan Disini

×

Terkait BPJS, Bupati Eka Putra: Silahkan Buka-bukaan Disini

Bagikan berita
Foto Terkait BPJS, Bupati Eka Putra: Silahkan Buka-bukaan Disini
Foto Terkait BPJS, Bupati Eka Putra: Silahkan Buka-bukaan Disini

KUPASONLINE.COM - Bupati Kabupaten Tanah Datar, Eka Putra, SE.MM.kembali menegaskan bahwa layanan publik merupakan skala prioritas capaian dalam masa pemerintahan nya.Ini disampaikan Bupati Eka Putra saat mengundang seluruh Direksi Rumah Sakit Umum dan Swasta, Klinik Kesehatan dalam wilayah kerja Kabupaten Tanah Datar pada Jumat 28Juli 2023 di Indo Jelito, Batusangkar.

Hal ini disampaikan Bupati Eka Putra terkait kualitas pelayanan kesehatan dan Asuransi Badan Penyelenggara Kesehatan Sosial (BPJS) Kesehatan."Silahkan disampaikan buka - bukaan disini, supaya jelas dan jangan sampai nanti bicara diluar", tegas Bupati Eka Putra.

Banyaknya keluhan masyarakat yang diterima Bupati Eka Putra terkait merosotnya kualitas layanan kesehatan kepada masyarakat.Bupati Eka Putra menegaskan bahwa pelayanan dasar kesehatan merupakan harga mati yang tidak bisa ditawar.

Apa lagi menyangkut urgensi dan mengancam nyawa seseorang harus terlebih dahulu di kedepan.Jangan gegara administrasi lalu nyawa seseorang manusia diabaikan begitu saja, tegas nya lagi.

Undangan Bupati Eka Putra ini juga sekaligus mendiskusikan dan secara bersama-sama memahami aturan serta regulasi yang dijalankan antara pihak yang memberikan layanan dengan BPJS.Diketahui bahwa ada beberapa layanan yang tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Disini Bupati Eka Putra mengingatkan pihak BPJS kesehatan untuk tidak kaku dalam melihat sebuah aturan.Selalu inten mengedukasi anggota peserta BPJS kesehatan sehingga paham bila terjadi pembayaran nantinya.

"Bagi saya tidak ada alasan masyarakat tidak mendapatkan pelayanan kesehatan dikarenakan tidak ada biaya dan BPJS kesehatan, yang penting selamatkan dulu pasien, tegas Bupati lagi.Dalam pertemuan dan diskusi itu Direktur RSUD. M.Ali Hanafiah, Dr.Nurman, mohon BPJS kesehatan perjelas kembali kepada peserta, penyakit apa saja yang ditanggung pembayarannya.

Sebab menurut Dr.Nurman banyak pasien yang telah dilayani ternyata tidak ditanggung oleh BPJS kesehatan.Kepala BPJS Cabang Payakumbuh, Deviana menanggapi diskusi dan pertanyaan menyampaikan terima kasih dan ini akan menjadi bahan evaluasi nantinya.

Menurutnya selama ini telah menjalankan aturan sesuai dengan perjanjian dan kesepakatan kerja sama serta rutin melakukan evaluasi bersama Dinas Kesehatan Tanah Datar.Seperti melibatkan empat elemen, yaitu regulator, peserta BPJS dan Fasilitas Kesehatan (Faskes) serta BPJS kesehatan sebagai pihak penjamin.

Untuk pasien yang bunuh diri, cidera dan lainnya sesuai yang telah ditentukan tidak ditanggung oleh BPJS kesehatan.Kepala Dinkes Tanah Datar, Yesrita sekaligus pemandu diskusi sampaikan RSU/Swasta, Klinik Kesehatan se Tanah Datar yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan Payakumbuh adalah RSUD.Ali Hanafiah, RSIA Sayang Ibu, RSIA Fadhilla serta RSU Harapan Bunda.

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini