Datangkan 2 Unit Eskavator, Bupati Eka Putra: Saat Bencana Semua Harus Ditangani dengan Cepat

×

Datangkan 2 Unit Eskavator, Bupati Eka Putra: Saat Bencana Semua Harus Ditangani dengan Cepat

Bagikan berita
Bupati Eka Putra datangkan 2 unit eskavator guna kebencanaan.
Bupati Eka Putra datangkan 2 unit eskavator guna kebencanaan.

KUPASONLINE.COM - Dalam rangka memperkuat armada kebencanaan di Kabupaten Tanah Datar, Pemerintah Daerah setempat mendatangkan 2 unit alat berat (eskavator).Diketahui bahwa Kabupaten Tanah Datar dengan Topografi berbukit bukit dan terletak di kemiringan sangat rawan terjadi bencana tanah longsor.

Apabila di musim penghujan dengan intensitas curah hujan sangat tinggi, tidak urung beberapa titik di daerah ini terjadi tanah longsor.Oleh sebab itu Pemda Tanah Datar merasa perlu dan membutuhkan alat tambahan untuk mengantisipasi bencana tanah longsor yang sewaktu waktu bisa terjadi.

Melalui Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Pemda membeli sebanyak 2 unit eskavator baru.Bupati Kabupaten Tanah Datar Eka Putra, SE, MM didampingi Kepala Dinas PUPR, Ten Feri beserta jajarannya dan Kabag Prokopim Dedi Tri Widono mengecek langsung alat berat yang baru dibeli di Workshop Dinas PUPR pada Rabu sore 12 Juli 2023 di Bukit Gombak.

Bupati Eka Putra pada kesempatan itu menerangkan bahwa pengadaan dua unit alat berat ini tujuan utamanya untuk mengantisipasi seandainya terjadi bencana di wilayahnya.Dua unit eskavator dengan kapasitas 5 ton dan 7.5 ton itu diperuntukkan nantinya mengantisipasi jika sewaktu-waktu ada terjadi bencana alam dan tanah longsor.

Selain itu alat berat ini juga akan dimanfaatkan untuk memperlancar kerja Dinas PUPR dan juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Tanah Datar secara umum, terang Bupati Eka Putra.Diketahui juga bahwa daerah Tanah Datar pernah terjadi bencana alam tanah longsor di tempat berbeda dalam waktu yang bersamaan.

Diperparah lagi terbatasnya alat evakuasi yang dimiliki Pemda Tanah Datar untuk menanggani bencana alam tersebut.Dalam situasi seperti itu terpaksa disewa alat dari rekanan penyewaan alat berat agar penanganan dilapangan bisa dituntaskan, sementara semuanya butuh penanganan dengan cepat.

Bupati Eka Putra berharap dengan tambahan dua unit alat berat ini kita bisa dengan cepat melakukan antisipasi dan evakuasi terjadi bencana alam dan tanah longsor. (Rzl)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini