PPG UNP Gelar Diskusi Terkaitan Lulusan Prajabatan 2023

×

PPG UNP Gelar Diskusi Terkaitan Lulusan Prajabatan 2023

Bagikan berita
PPG UNP Gelar Diskusi Terkaitan Lulusan Prajabatan 2023. (Foto: Humas Universitas Negeri Padang)
PPG UNP Gelar Diskusi Terkaitan Lulusan Prajabatan 2023. (Foto: Humas Universitas Negeri Padang)

KUPASONLINE.COM - Upaya untuk melahirkan Generasi Baru Guru Indonesia dan menciptakan "murid" profil pelajar Pancasila.Pemerintah Republik Indonesia melalui Kemdikbudristek telah menetapkan strategi utama kemendikbud yaitu dengan sekolah penggerak melalui program uutama Dirjen GTK yaitu transformasi PPG Prajabatan dengan PGG Model Baru.

PPG Sekolah Pascasarjana UNP tahun 2022/2023 menjadi LPTK penyelenggaran PPG Prajabatan sebanyak dua gelombang dengan jumlah mahasiswa 1.386 orang.Dalam kegiatan diskusi dan advokasi secara daring tanggal 8 Juli 2023 tersebut, Direktur PPG GTK, Temu Ismail, S.Pd., M.Si menjelaskan bahwa lulusan PPG Prajabatan ini nantinya diharapkan dapat terserap di sekolah-sekolah seluruh Indonesia melalui mekanisme dan aturan yang berlaku.

Ke depan, Generasi Baru Guru Indonesia adalah lulusan PPG yang telah bersertifikat pendidik profesional. Oleh sebab itu, melalui kegiatan diskusi dan advokasi bersama dinas pendidikan ini diharapkan lahir kesamaan persepsi dalam proses penyediaan guru-guru baru di sekolah sekolah yang ada di Sumatra Barat, ujarnya.Sementara, Rektor UNP, diwakili oleh Direktur Sekolah Pascasarjana UNP, Prof. Yenni Rozimela, M. Ed., Ph. D menyampaikan, bahwa UNP telah melaksanakan Pendidikan Profesi Guru sesuai Juknis PPG Prajabatan yang terstandar secara nasional.

Diharapkan, lulusan PPG yang notabene adalah guru profesional segera mendapatkan sekolah tempat mengabdi sehingga bisa menerapkan kompetensinya untuk pembelajaran yang lebih baik.Senada dengan hal itu, Koordinator program studi PPG UNP, Dr. Andromeda, M. Si juga menjelaskan bahwa kerja sama dan kemitraan dengan dinas pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota se Sumatra Barat yang telah terbina dengan baik selama ini dapat ditingkatkan khususnya dalam mencarikan solusi untuk lulusan PPG tahun 2023.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatra Barat, Drs. Barlius, MM didampingi Kabid GTK, Suindra, MM dalam sambutannya menyambut baik kegiatan diskusi dan advokasi ini. Menurutnya, selama ini UNP telah menjadi mitra utama dinas pendidikan khususnya dalam pengadaan tenaga pendidik yang berkualitas. (*)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini