Pemnag Pasir Talang Selatan Berikan Pembekalan Kepada Tim TPBJ/TPHP

×

Pemnag Pasir Talang Selatan Berikan Pembekalan Kepada Tim TPBJ/TPHP

Bagikan berita
Pemnag Pasir Talang Selatan Berikan Pembekalan Kepada Tim TPBJ/TPHP. (Foto: Dok istimewa)
Pemnag Pasir Talang Selatan Berikan Pembekalan Kepada Tim TPBJ/TPHP. (Foto: Dok istimewa)

KUPASONLINE. COM - Agar tidak tersandung dengan proses hukum dalam melaksanakan pekerjaan fisik di tingkat nagari, pihak nagari harus memberikan pembekalan dan pelatihan terkait dengan pelaksanaan pekerjaan fisik itu.Kegiatan pembekalan itu dilaksanakan oleh Nagari Pasir Talang Selatan, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan (Solsel) terhadap petugas atau tim TPBJ/TPHP dan kader. Bertempat diruangan pertemuan kantor wali, pada Rabu 05 Juli 2023

Pelatihan itu menghadirkan narasumber dari Inspektorat Solok Selatan, Camat Sungai Pagu, Ketua Bamus, Wali Nagari, ketua LPMN, Babinsa Koramil Sei Pagu.Peserta terdiri dari kepala Jorong se Nagari Pasir Talang Selatan serta perwakilan masyarakat.

Ketua Bamus Nagari Pasir Talang Selatan, Hendrivon dalam arahanya mengatakan, kegiatan pelatihan bagi tim TPBJ/ TPHP sangat bagus dan penting dilakukan.Karena dalam penggunaan anggaran pekerjaan fisik di nagari banyak yang bermasalah dan pelaksanaan tidak memahami dan terhanyut dengan pekerjaan saja lupa akan tanggung jawab.

Kami sebagai Bamus dan pengawasan di nagari hanya berharap dengan adanya pelatihan ini akan ada perobahan dan tidak akan ada temuan temuan yang bisa tersandung dengan hukum.Wali Nagari Pasir Talang. Selatan yang diewakili Sekna Riki Suriandi mengatakan, kegiatan ini harus dilakukan, karena selama ini masih banyak temuan temuan dalam melaksanakan pekerjaan pekerjaan, ini anggaran tidak bisa main main.

Kami dari, pihak nagari dalam melaksanakan pelatihan ini tahun ini mendatangkan narasumber dari Inspektorat dan Kejari Solok Selatan, agar para pelaku kepentingan dalam melaksanakan tugas nantinya bisa memahami semua ini dan terhindar dari temuan temuan.Sementara itu narasumber dari Inspektorat Solok Selatan Deny Yuliandra dalam pemaparanya menyampaikan, banyak yang kurang memahami peraturan dalam pelaksanaan pekerjaan khususnya bagi tim TPBJ dan TPHP ini akibatnya output kita dari pekerjaan fisik yang akan kita kerjakan itu tidak sesuai dengan spek tidak sesuai dengan perencanaan.

Ini yang banyak selama ini ditemukan, banyak yang tersandung dengan hukum, makanya perlu sekali dilakukan pelatihan pelatihan terkait teknis dan pengelolaan keuangan.Kalau dalam satu struktur organisasi pemerintah Kabupaten Solok Selatan kebetulan tugas kami di Inspektorat adalah melakukan pengawasan tugas Bapak Ibu sebagai tim TPBJ dan TPHP dari persentase kita tetap seperti itu, jadi hal itu mari kita sama-sama dengan porsi kita masing-masing.

Kita laksanakan sesuai dengan aturan jangan kita saling bersenggolan apalagi saling godok-godokan karena memang dalam melakukan pengawasan nantinya kita mengacu dengan aturan-aturan yang telah berlaku kami pun memeriksanya nanti ada melakukan pengawasan sesuai dengan aturan yang telah baku juga tidak akan lari dari situ.Dalam melakukan audit cek pengadaan fisik barang dan jasa di Nagari ada 6 item administrasi pokok yang akan kami lihat, pertama proposal yang kedua RAB awal, ketiga aktuatif atau gambar purna laksana 4 laporan pengawas harian mingguan dan akhir SPJ yang kelima dan terakhir berita acara tim TPHP.

Perlu diketahui, kami melakukan audit itu bukan berurut dari nomor 1 kita lihat dari nomor 6 dulu berita acara tim TPHP, Jadi pas kami datang melakukan cek fisik atau melakukan pemeriksaan nantinya kita lihat pekerjaan itu berita acara tim TPHP-nya sudah apa belum, Oh sudah, kalau yang belum baru jadi masalah sama Inspektorat, belum kenapa belum tim TPHP yang pertama sekali kami periksa."Makanya harus memahami aturan dan spek sebuah pekerjaan,"ajak Deni. (mrl)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini