Kuak Misteri Sumpah Sati Bukik Marapalam", Satu Nagari Satu Iven Dihadiri Tokoh Nasional.

×

Kuak Misteri Sumpah Sati Bukik Marapalam", Satu Nagari Satu Iven Dihadiri Tokoh Nasional.

Bagikan berita
Iven Budaya Tanah Datar
Iven Budaya Tanah Datar

KUPASONLINE.COM - Program unggulan Bupati Kabupaten Tanah Datar, Eka Putra SE. MM inovasi Satu Nagari Satu Event terus bergulir mengangkat kearifan lokal adat dan budaya Minangkabau khusus nya berada di Kabupaten Luhak Nan Tuo.Event Satu Nagari Satu Event yang digadang di Puncak Pato Nagari Batu Bulek Kecamatan Lintau Buo Utara.

Lokasi pergelaran acara di Puncak Pato ini merupakan tempat yang sangat bersejarah dalam sejarah alam budaya Minangkabau, yakni berkomitmen menjalankan Islam secara menyeluruh.Bupati Kabupaten Tanah Datar, Eka Putra, SE, MM. membuka secara resmi Festival Sumpah Sati Bukik Marapalam, Sabtu (17/6).

Bupati Eka Putra dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh panitia dan antusias masyarakat Lintau Buo Utara yang telah berpartisipasi aktif sehingga acara ini berlangsung sangat sukses.Disampaikan juga Gaung Festival Sumpah Sati Marapalam yang dilaksanakan pada hari ini telah jauh terdengar ke seluruh pelosok negeri.

Terbukti pada hari Ini kehadiran tokoh- tokoh Nasional seperti, Prof.Refly Harun, Bachtiar Chamsyah, Jendral Gatot Nurmantyo, Profesor Hafiz Abbas.Dan Fauzi Bahar, Kolonel Kelly Jr dan Ketua Ikatan perantauan Lintau Buo Utara se-Nusantara.

Hadir juga Bupati Tanah Datar periode 2005-2010 M.Shadiq Pasadigoe.Serta Bupati sisa jabatan 2020-2021 Zuldafri Darma, Forkopimda, para pejabat vertikal, Kepala BUMN/BUMD, Pimpinan OPD dan undangan lainnya, sampai Eka Putra.

Tidak hanya menguak bukti sejarah Festival Sumpah Sati Bukik Marapalam juga menyajikan pesona dan keindahan alam,Disamping itu juga menampilkan kesenian, kuliner, adat, budaya khas dan juga produk produk unggulan Lintau Buo Utara.

Melalui Festival Satu Nagari Satu Event Bupati Eka Putra berharap ada multi effect dari kegiatan ini.Mampu untuk lebih menggali dan mengembangkan serta mempromosikan budaya setempat yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Tanah Datar, ungkap Bupati Eka Putra.

Dalam laporan nya Wali Nagari Batu Bulek, Andi Musda menyampaikan Festival Sumpah Sati Bukik Marapalam ini merupakan bentuk dukungan Pemerintahan Nagari Batu Bulek serta masyarakat Lintau Buo Utara dalam mensukseskan Program Unggulan Bupati Tanah Datar, Satu Nagari Satu Event.Tema ini diambil untuk mengingatkan kembali bahwa disinilah tempat diikrarkannya "Sumpah Sati" atau dikatakannya Filosofi orang Minang yaitu Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, terang Andi.

Andi Musda juga sampaikan pendanaan acara ini bersumber dari APBD dan Dana Desa.Tidak lupa Andi Musda mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh panitia dan masyarakat yang telah mendukung acara ini.

Dapat dilihat dari Festival ini, tari tarian kolosal yang ditampilkan mengingat kan kembali gambaran sejarah Sumpah Sati Bukik Marapalam.Acara juga diisi dengan pawai, penampilan kesenian Anak Nagari dan juga tari kolosal dan berbagai kuliner lainnya. (Rzl)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini