10 TIPS Sukses Menghadapi Wawancara Kerja: Persiapan, Riset, Latihan Menjawab Pertanyaan ala Skill Academy

×

10 TIPS Sukses Menghadapi Wawancara Kerja: Persiapan, Riset, Latihan Menjawab Pertanyaan ala Skill Academy

Bagikan berita
Berikut adalah tips agar pelamar dapat diterima bekerja di perusahaan impian ala Skill Academy: 1. Tepat waktu Tips interview kerja yang pertama adalah tepat waktu.
Berikut adalah tips agar pelamar dapat diterima bekerja di perusahaan impian ala Skill Academy: 1. Tepat waktu Tips interview kerja yang pertama adalah tepat waktu.

Jadi, saat interview usahakan untuk menjawab dengan jelas dan tidak bergumam. Tunjukkan rasa percaya diri, jangan menunduk, dan tunjukkan wajah yang ramah. Jangan jutek, ya, nanti HRD-nya ikutan jutek karena mood-nya jadi buruk. :(7. Buat kesan pertama yang bagus 

Saat pertama kali bertemu dengan perekrut cobalah memberikan kesan yang baik. Perhatikan kerapian pakaian yang kamu kenakan. Di samping itu, pastikan bahasa tubuh yang kamu tunjukkan tidak menimbulkan kesan yang kurang baik seperti, menguap, tidak melakukan kontak mata dengan perekrut, hingga tubuh layu yang menunjukkan kurang bersemangat. Selain berkaitan dengan sopan santun, membuat kesan yang baik juga dapat menunjukkan kepada perekurt bahwa kamu serius menjalani tahapan interview tersebut.8. Perkenalkan dirimu dengan baik 

Tidak lengkap jika kamu bisa memberikan kesan pertama yang bagus, tanpa memperkenalkan diri dengan baik. Nantinya kamu pastinya akan diminta untuk memperkenalkan diri. Nah, disinilah perekrut akan melihat seberapa profesional dirimu. Mulai dari ucapan salam (selamat pagi/siang/sore), gestur tubuh, cara kamu berkomunikasi, hingga penjelasan mengenai dirimu sendiri.Oleh karena itu, latihan memperkenalkan diri sebelum melakukan interview juga merupakan hal yang harus kamu perhatikan. Karena dari sinilah proses interview benar-benar baru akan berjalan. Jangan sampai wawancaramu kacau cuman gara-gara cara memperkenalkan diri yang memalukan.

9. Siapkan pertanyaan untuk perekrut Biasanya, di akhir interview, perekrut akan bertanya Kamu ada pertanyaan? Nah, kalau ditanya seperti ini jangan langsung jawab Nggak ada, ya.

Ini adalah kesempatan untuk tahu lebih jelas tentang perusahaan. Kalau nggak nanya, bisa menimbulkan kesan kamu kurang tertarik. Selain itu, dengan bertanya juga bisa meningkatkan komunikasi dua arah antara kamu dan perekrut. Jadi kamu nggak terlihat pasif karena hanya menjawab pertanyaan saja.Kamu bisa bertanya tentang step selanjutnya dari proses rekrutmen, tentang tantangan dari posisi yang kamu apply, atau budaya kerja di perusahaan tersebut.

Misalnya, Bagaimana budaya kerja di perusahaan ini? atau "Kriteria pegawai seperti apa yang menurut Bapak/Ibu akan sukses menjalani posisi ini?"10. Jangan lupa mengucapkan terima kasih 

Selain bersikap ramah selama proses wawancara berjalan, di akhir sesi, jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih kepada perekrut untuk kesempatan dan waktunya, ya.---

Ada tips interview kerja tambahan, nih. Setelah interview, biasanya HRD bilang ke kamu untuk menunggu informasi selanjutnya. "2 minggu lagi dikabarin, ya". Kamu nggak asing, kan dengan kalimat barusan? Tapi seringnya HRD nggak juga memberi kabar alias di-ghosting.Agar kamu nggak jadi korban ghosting HRD, jangan ragu follow up untuk tanya kabar selanjutnya dari proses interview kemarin. Caranya, bisa kamu lihat di sini. Kalau setelah 2 minggu nggak dikabarin, di-follow up nggak dapat jawaban, move on. Ikhlasin aja yang kemarin sambil apply lowongan kerja yang lain.

KupasOnline.com mepunyai berbagai jenis lowongan kerja yang sudah menunggu lamaranmu. Kamu bisa mencari pekerjaan sesuai dengan jenjang pendidikanmu pada tautan berikut ini:

  • Cek Lowongan Kerja Terbaru DI SINI.

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini