10 TIPS Sukses Menghadapi Wawancara Kerja: Persiapan, Riset, Latihan Menjawab Pertanyaan ala Skill Academy

×

10 TIPS Sukses Menghadapi Wawancara Kerja: Persiapan, Riset, Latihan Menjawab Pertanyaan ala Skill Academy

Bagikan berita
Berikut adalah tips agar pelamar dapat diterima bekerja di perusahaan impian ala Skill Academy: 1. Tepat waktu Tips interview kerja yang pertama adalah tepat waktu.
Berikut adalah tips agar pelamar dapat diterima bekerja di perusahaan impian ala Skill Academy: 1. Tepat waktu Tips interview kerja yang pertama adalah tepat waktu.

Baca juga:  INGAT! 10 Pantangan saat Wawancara Kerja Agar Tidak Gagal dalam Tes4. Lakukan riset 

Melakukan riset sebelum interview bisa memberimu gambaran tentang perusahaan dan posisi yang kamu lamar. Kamu bisa melakukan riset melalui website resmi, sosial media, bertanya ke teman, dan siaran persJangan sampai kamu tidak mengetahui apa-apa tentang perusahaan tersebut. Untuk memudahkanmu menjalani interview cobalah mencari tahu beberapa hal berikut:

Model bisnis perusahaan tersebut.Pesaing mereka dan pemain utama di pasar.

Kabar terbaru mengenai perusahaan.Orang penting di perusahaan (CEO/owner).

Budaya, misi, dan nilai perusahaan.Karena, nggak jarang perekrut akan bertanya kenapa kamu tertarik melamar kerja di perusahaan ini? Nah, pertanyaan ini tentunya bisa kamu jawab dengan hasil riset.

Misalnya,Karena perusahaan ini memiliki citra dan track record yang baik. Perusahaan ini merupakan yang terdepan di bidang kosmetik dan kecantikan. Selain itu, bekerja di bidang kecantikan sangat sesuai dengan passion saya. Dengan latar belakang pendidikan Farmasi, saya dapat membantu perusahaan untuk menciptakan dan mengembangkan produk kosmetik untuk mencapai kualitas yang semakin baik.

Jangan lupa juga untuk riset tentang posisi yang dilamar. Seperti, deskripsi pekerjaan dan skill yang diperlukan. Agar ketika ada pertanyaan yang berhubungan mengenai posisi tersebut kamu bisa memberikan jawaban dengan baik juga.5. Kenali diri sendiri 

Selain mempelajari tentang perusahaan dan posisi yang kamu lamar, jangan lupa untuk mempelajari diri sendiri. Ketahui apa kelebihan, kekurangan, kemampuan yang kamu punya, pengalaman kerja atau organisasi, pencapaianmu selama ini, cara menghadapi masalah atau tekanan, dan lainnya.Dengan mengenali diri sendiri, tentunya kamu bisa menjelaskan tentang dirimu dengan lebih baik. Karena banyak pertanyaan saat interview yang bertujuan untuk mengenal karakter kandidat. Makanya perekrut sering bertanya Coba jelaskan apa kekurangan dan kekurangan kamu, "Bagaimana kamu ketika menghadapi situasi sulit?", dan lain sebagainya.

Kalau paham diri sendiri, kamu jadi lebih mudah menjawabnya. Misalnya begini Kekurangan saya adalah pelupa. Untuk mengatasi itu, saya sering membuat to do list, memasang alarm, dan membuat catatan pribadi agar pekerjaan saya lebih terstruktur dan tidak ada yang terlewat atau terlupakan.6. Latihan interview 

Agar saat interview kamu nggak gagap dan gugup, ada baiknya latihan dulu. Bisa di depan cermin sambil memperhatikan bahasa tubuh, tatapan mata, dan cara bicara. Bisa juga latihan dengan teman sambil latihan menggunakan aplikasi yang dipakai untuk interview. Jadi temanmu berperan jadi pewawancara dan memberi pertanyaan, dan kamu menjawabnya.Jangan lupa evaluasi atau minta feedback ke teman. Tentang cara menjawab pertanyaan, mimik wajah, suara, intonasi, dan lainnya. Karena hal-hal ini ternyata berpengaruh, lho. Berdasarkan data dari legaljobs.io, 39% kandidat ditolak karena rasa percaya diri yang rendah, kualitas suara yang buruk, dan kurang senyum.

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini