10 TIPS Sukses Menghadapi Wawancara Kerja: Persiapan, Riset, Latihan Menjawab Pertanyaan ala Skill Academy

×

10 TIPS Sukses Menghadapi Wawancara Kerja: Persiapan, Riset, Latihan Menjawab Pertanyaan ala Skill Academy

Bagikan berita
Berikut adalah tips agar pelamar dapat diterima bekerja di perusahaan impian ala Skill Academy: 1. Tepat waktu Tips interview kerja yang pertama adalah tepat waktu.
Berikut adalah tips agar pelamar dapat diterima bekerja di perusahaan impian ala Skill Academy: 1. Tepat waktu Tips interview kerja yang pertama adalah tepat waktu.

KUPASONLINE.COM - Menurut Mondy, 2008, Wawancara Kerja didefinisikan sebagai perbincangan yang berorientasi tujuan dimana pewawancara dan pelamar saling bertukar informasi (Mondy, 2008). Sementara, menurut Hasibuan (2001), wawancara yang dilakukan dengan percakapan langsung akan mampu menggali kemampuan pelamar.Ada beberapa hal yang patut kamu persiapkan saat menghadapi tahap wawancara. Memakai pakaian rapi, mempersiapkan mental, dan membawa persyaratan dari perusahaan (misal: CV dan portofolio terbaru) adalah beberapa di antaranya.

Wawancara kerja bisa saja menjadi salah satu pengalaman paling menegangkan dalam kehidupan seseorang. Bagi sebagian orang, momen yang paling menakutkan terjadi ketika berjalan memasuki ruangan wawancara.Selain harus memperhatikan penampilan, kamu juga perlu memahami apa saja yang harus dilakukan saat melakukan interview.

Pasalnya, melakukan sejumlah hal tersebut bisa membuat pewawancara atau HRD perusahaan dapat melirik dirimu yang akan  membuat peluangmu untuk diterima semakin besar.Mari simak tips sukses menghadapi wawancara kerja ala Skill Academy berikut ini.

Tips Sukses Menghadapi Wawancara Kerja

[caption id="attachment_42312" align="alignnone" width="785"]Tips Sukses Wawancara Kerja (ilustrasi wawancara kerja: fizkes)[/caption]

Berikut adalah tips sukses agar pelamar dapat diterima bekerja di perusahaan impian ala Skill Academy:1. Tepat waktu 

Tips interview kerja yang pertama adalah tepat waktu. Ini penting untuk diperhatikan baik interview online atau offline. Datang tepat waktu memberi kesan kamu punya antusias, semangat, dan disiplin. Jika interview dilakukan secara offline, kamu bisa datang ke kantor lebih cepat. Misalnya, 15 menit sebelum waktu interview, kamu sudah ada di tempat. Biar nggak terlambat dan bingung, kamu bisa cari tahu lokasi kantor sehari sebelumnya.Jika interview dilakukan secara online, maka kamu harus standby untuk masuk room yang telah disediakan. Masuk duluan dan menunggu perekrut juga nggak apa-apa. Intinya, jangan sampai terlambat dan membuat HRD menunggu. Ini bisa merusak mood perekrut dan memberi kesan pertama yang kurang baik. Jangan lupa untuk mempelajari platform interview yang digunakan untuk mengurangi gangguan teknis saat wawancara berlangsung.

2. Berpakaian sopan dan rapi Saat melakukan interview, HRD menilai banyak hal. Termasuk cara berpakaian. Karena itu, gunakan pakaian yang sopan dan rapi. Agar kamu terlihat profesional dan nyaman dipandang.

Emang kenapa kalau bajunya nggak sesuai?Dilansir dari inc.com, 71% perekrut memilih untuk tidak mempekerjakan seseorang yang berpakaian tidak sesuai aturan. Sayang, kan, kalau kesempatan kamu bekerja hangus hanya karena cara berpakaian yang kurang sesuai?

Tipsnya, lihat gaya berpakaian orang-orang yang bekerja di perusahaan tersebut. Kemudian sesuaikan.Kalau interview-nya online nggak perlu, kan, ya?

Hm, meskipun interview-nya online, ini juga tetap berlaku, ya. Terlebih jika interview-nya on camera. Pasti perekrut tetap melihat penampilan kamu. Jadi meskipun online, pakailah baju yang rapi & sesuai, sisiran, dandan seperlunya agar terlihat fresh. Pastikan juga kamu memilih tempat interview yang nyaman, pencahayaannya bagus, nggak bising, backgroundnya rapi, dan koneksi internetnya stabil.3. Pelajari pertanyaan umum saat interview 

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini