INGAT! 10 Pantangan saat Wawancara Kerja Agar Tidak Gagal dalam Tes

×

INGAT! 10 Pantangan saat Wawancara Kerja Agar Tidak Gagal dalam Tes

Bagikan berita
INGAT! 10 Pantangan saat Wawancara Kerja Agar Tidak Gagal dalam Tes
INGAT! 10 Pantangan saat Wawancara Kerja Agar Tidak Gagal dalam Tes

KUPASONLINE.COM - Wawancara (interview) kerja adalah salah satu langkah yang biasanya dilakukan perusahaan sebelum mempekerjakan seorang karyawan. Pada tahap ini biasanya kamu akan bertemu dengan perwakilan dari departemen HRD (Human Resource Development).Melansir laman Indeed, melakukan interview adalah salah satu kemampuan yang membutuhkan latihan agar lebih baik. Latihan ini termasuk menjawab pertanyaan dan mempelajari posisi yang kamu lamar.

Meskipun pelamar memenuhi syarat administrasi yang diperlukan perusahaan, wawancara kerja memiliki peran penting.Dalam proses perekrutan karyawan tersebut tentunya pelamar perlu mengetahui tentang hal-hal yang mesti dilakukan dan yang perlu dihindari agar bisa diterima bekerja.

Di sini terdapat 10 pantangan atau hal yang perlu dihindari saat wawancara kerja, apa saja? Mari simak ulasannya!

10 Pantangan saat Wawancara/Interview Kerja:

1. Datang terlambat dan tak memberi kabar[caption id="attachment_42321" align="alignnone" width="480"]Terlambat wawancara Kerja (ilustrasi Terlambat wawancara Kerja: pexels.com/AndreaPiacquadio )[/caption]

Datang terlambat saat tahap wawancara akan berlangsung sebetulnya tidak sepenuhnya salah. Apalagi, kalau lokasi perusahaan dan tempat tinggalmu berada di kota besar yang hampir selalu terjadi kemacetan.Namun, akan menjadi suatu hal yang fatal, kalau kamu datang terlambat dan tidak mengabari hal tersebut ke pihak pewawancara.

Oleh karenanya, kabarilah pihak pewawancara (dalam hal ini HRD Perusahaan) kalau kamu terpaksa terlambat datang ke tahap wawancara nanti.Contohnya: Pak/ Bu, maaf saya nanti datang agak terlambat. Saya masih terjebak macet di (sebutkan daerah atau nama jalannya). Sekitar 15 menit lagi saya akan sampai di sana.

Alangkah lebih baik lagi, kalau kamu bisa datang tepat waktu sesuai permintaan pewawancara. Caranya, kamu berangkat lebih pagi dari rumah atau indekosmu.Untuk menghindari keterlambatan di hari interview, dilansir dari The Balance Career, kamu sebaiknya mempersiapkan pakaian lebih awal sehingga tidak perlu memikirkannya lagi saat bersiap-siap.

Dengan cara tersebut, kamu pun bisa datang tepat waktu, bahkan datang sebelum waktu wawancara dimulai.2. Menceritakan tentang dirimu secara berlebihan

Dalam setiap tahap wawancara di perusahaan mana pun, kamu pasti akan diminta untuk menceritakan dirimu. Ini adalah kesempatan yang bagus untuk memperkenalkan diri sekaligus memberi impresi positif ke pihak perusahaan.Semakin baik kamu menceritakan segala tentang dirimu, maka semakin positif pula impresi perusahaan kepadamu. Dan tak menutup kemungkinan, peluangmu untuk diterima semakin besar.

Hal sebaliknya akan terjadi jika kamu terlalu berlebihan dalam menceritakan dirimu. Misal melebih-lebihkan prestasimu selama kuliah atau bekerja di perusahaan sebelumnya; menceritakan hal-hal tidak penting seperti makanan favoritmu; terlalu membanggakan apa yang menjadi kelebihanmu; dan hal-hal lain yang sejenis.Menceritakan dirimu secara berlebihan akan membuat perusahaan ilfeel kepadamu, serta membuat tahap wawancara berjalan tidak efektif, kamu harus bersikap positif bukan arogan.

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini