DPRD Sumbar Beri Catatan Khusus Terhadap LKPJ Gubernur Sumbar Tahun 2022

×

DPRD Sumbar Beri Catatan Khusus Terhadap LKPJ Gubernur Sumbar Tahun 2022

Bagikan berita
Wakil ketua DPRD dan Gubernur Sumbar saat menghadiri rapat paripurna di DPRD Sumbar terkait LKPJ 2022. (Foto : istimewa)
Wakil ketua DPRD dan Gubernur Sumbar saat menghadiri rapat paripurna di DPRD Sumbar terkait LKPJ 2022. (Foto : istimewa)

Ini menujukkan bahwa kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, belum cukup baik apabila hanya memperhatikan capaian target kinerja program yang berhasil diraih", terang Irsyad Syafar.

Kesimpulannya, kata Irsyad, Pemprov Sumbar dan OPD-OPD terkait belum sungguh-sungguh menindaklanjuti rekomendasi DPRD terhadap LKPJ tahun-tahun sebelumnya dan tindak lanjut sebagian masih bersifat umum meskipun realisasi capaian target kinerja makro dan program sudah berada di atas target yang ditetapkan, akan tetapi realisasi tersebut masih berada di bawah rata-rata Nasional.

Dalam laporannya, Ketua Pansus Pembahasan LKPJ Kepala Daerah TA 2022 Desrio Putra menyampaikan 4 (empat) Rekomendasi. Keempat rekomendasi itu adalah :

Pemerintah Daerah dan OPD terkait agar lebih sungguh-sungguh menindaklanjuti rekomendasi yang dberikan oleh DPRD yang tujuannya adalah untuk perbaikan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, bukan untuk mencari kesalahan OPD.

Pelaksanaan tindak lanjut atas rekomendasi DPRD, tidak hanya bersifat normatif,  akan tetapi harus dalam bentuk kegiatan yang konkret yang diwujudkan dalam bentuk penyempurnaan dalam penyusunan perencanaan program, penganggaran dan bahkan dijabarkan ke dalam kebijakan Kepala Daerah.

Pemerintah Daerah dan OPD-OPD agar melaporkan pelaksanaan tindak lanjut atas rekomendasi DPRD secara berkala sekali dalam 3 (tiga) bulan kepada DPRD sebagai bahan pengawasan oleh DPRD Provinsi Sumatera Barat.

Komisi-komisi DPRD Provinsi Sumatera Barat, sesuai dengan tugas dan kewenangannya, agar melakukan pengawasan dan monitoring terhadap pelaksanaan tindak lanjut rekomendasi DPRD terhadap LKPJ dan rekomendasi DPRD lainnya oleh OPD-OPD mitra kerja Komisi.

Dalam kesempatan itu Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengakui terdapat kelemahan dan kekurangan dalam pelaksanaan program dan kegiatan selama Tahun Anggaran 2022 tersebut. Semua catatan dan rekomendasi ini kami nilai sangat tepat dan membangun, sejalan dengan kebutuhan dan cita-cita daerah. Insyaallah, semua akan kita upayakan semaksimal mungkin", pungkas Gubernur  Mahyeldi.(*)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini