Harus Puas Ditingkat Ke 5 Nasional, Afrizaldi Noerdin: Seharusnya BOMBASTIS Dijadikan Program Nasional

×

Harus Puas Ditingkat Ke 5 Nasional, Afrizaldi Noerdin: Seharusnya BOMBASTIS Dijadikan Program Nasional

Bagikan berita
Harus Puas Ditingkat Ke 5 Nasional, Afrizaldi Noerdin: Seharusnya BOMBASTIS Dijadikan Program Nasional
Harus Puas Ditingkat Ke 5 Nasional, Afrizaldi Noerdin: Seharusnya BOMBASTIS Dijadikan Program Nasional

[caption id="attachment_41669" align="alignnone" width="300"]Bupati Eka Putra saat menerima penghargaan PPD Nasional 2023 di Jakarta Bupati Eka Putra saat menerima penghargaan PPD Nasional 2023 di Jakarta[/caption]KUPASONLINE.COM - Program unggulan (Progul) Bupati Kabupaten Tanah Datar, Eka Putra SE.ME. Biaya Operasional Bajak Gratis ( BOMBASTIS) harus puas diperingkat ke 5 (lima) Nasional.

Hal ini diketahui saat Penutupan Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Murenbangnas) Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2024 dan Peluncuran Proyeksi Penduduk 2020-2050 oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin,di Jakarta Convention Center (JCC) pada Selasa 16 Mai 2023.Dalam rangka meningkatkan keterpaduan pelaksanaan pembangunan pusat dan daerah serta sebagai bentuk motivasi dan apresiasi kepada Pemerintah Daerah atas prestasinya dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, Kementerian PPN/Bappenas menyelenggarakan evaluasi komprehensif dan kreatif melalui Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD).

Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menjadikan Program Unggulan (Progul) Biaya Operasional Membajak Sawah secara Gratis (Bombastis) menjadi Program Inovasi Pemerintah Kabupaten Tanah Datar yang diikutkan dalam PPD Tahun 2023 di Tingkat Nasional.Pada kesempatan itu Bupati Kabupaten Tanah Datar Eka Putra menyampaikan syukur dan Progul Bombastis Tanah Datar mampu menjadi terbaik ke lima tingkat Nasional.

Prestasi ini tentunya sangat membanggakan kita dan ini tentu berkat dukungan serta kerja keras semua pihak, ungkap Bupati Eka Putra selepas acara di Jakarta.Prestasi ini tentu mampu memberikan tambahan semangat bagi tim maupun stakeholder terkait untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas Progul Bombastis.

"Program Bombastis akan terus ditingkatkan baik kualitas maupun kuantitasnya, karena Progul ini tujuan utamanya adalah kesejahteraan masyarakat, sedangkan prestasi adalah bonusnya," tambah Eka Putra."Beberapa poin penting serta masukan yang diperoleh dalam PPD Tahun 2023 ini, tentu akan menjadi pengalaman berharga bagi Pemerintah Tanah Datar dalam mengembangkan dan meningkatkan beberapa Progul lainnya untuk lebih baik ke depan," ujarnya.

Namun, ujar Bupati lagi, semua itu tidak bisa tercapai tanpa dukungan dan kerjasama semua pihak, terutama masyarakat dan dinas terkait.Ditempat terpisah Afrizaldi Noerdin, pengamat pertanian menilai sudah selayaknya program program unggulan daerah yang berbasis kearifan lokal dijadikan program unggulan Nasional.

Walaupun penilaian adalah buah hasil kerja keras kita, namun dampak nya tentu akan mengimbas kepada kebijakan secara keseluruhan.Perlu diketahui dengan Anggaran Belanja Dan Pendapatan ( APBD) Daerah Kabupaten Tanah Datar yang sangat minim dengan luas wilayah yang cukup besar, Bupati Eka Putra mampu mengangkat progul Bombastis.

Program Bombastis yang pro terhadap akar rumput yakni masyarakat petani, sangat membantu biaya operasional dalam pengolahan lahan, produktivitas lahan pertanian, sehingga petani harus berproduksi dilahan pertanian nya.Mengingat Kabupaten Tanah Datar  dan juga skala Nasional bahwa negara kita adalah negara agraris, Pemerintah Pusat penting memerhatikan serta mengangkat serta mendukung program program inovasi yang berbasis pertanian.

Sudah selayaknya inovasi Bombastis menjadi acuan Pemerintah Pusat untuk dijadikan Program Nasional dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat disektor pertanian.Dalam PPD inovasi Bombastis dari perencanaan sampai eksekusi dilapangan yang dilaksanakan Pemda Tanah Datar terutama Kepala Dinas Pertanian, Sri Mulyani dan jajarannya sangat memuaskan.

Terkait penilaian ini tentu kita sangat menghargai  keputusan yang diambil oleh tim dewan juri penilai dari pusat, dan selamat serta sukses buat Bupati Eka Putra, ungkap nya.Pada acara tersebut Bupati Eka Putra turut didampingi Kepala Dinas Pertanian Tanah Datar, Sri Mulyani, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Abdul Hakim.

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini