Tahapan Pendaftaran Bacaleg Selesai, Sekarang Masuk Tahapan Verifikasi Administrasi Bacaleg

×

Tahapan Pendaftaran Bacaleg Selesai, Sekarang Masuk Tahapan Verifikasi Administrasi Bacaleg

Bagikan berita
Foto Tahapan Pendaftaran Bacaleg Selesai, Sekarang Masuk Tahapan Verifikasi Administrasi Bacaleg
Foto Tahapan Pendaftaran Bacaleg Selesai, Sekarang Masuk Tahapan Verifikasi Administrasi Bacaleg

KUPASONLINE.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Nila Puspita menyatakan bahwa pihaknya sudah menerima 350 bakal calon legislatif (bacaleg) untuk DPRD setempat dari 15 partai politik (parpol) pada Pemilu 2024.Hal ini disampaikan oleh Nila Puspita didampingi dua orang anggota KPU Solsel, Idris serta Sastria Nofrita saat melakukan konferensi pers di Kantor KPU setempat, Selasa, 16 Mei 2023.

"Alhamdulillah, tahapan pendaftaran bacaleg telah selesai dilaksanakan sejak 1-14 Mei 2023 dan sekarang masuk tahap verifikasi administrasi bacaleg," terang Nila Puspita.Dia menyatakan hingga akhir waktu batas pendaftaran, ada sebanyak 15 Parpol yang mengajukan bacaleg dengan total jumlah 350 orang dari tiga daerah pemilihan (dapil) di Solsel. Disisi lain, ada 3 Parpol yang tidak mengajukan pendaftaran Bacalegnya.

"Jadi ada 3 Parpol yang tidak mengajukan pendaftaran bacaleg untuk DPRD Solsel. Yakni, Partai Garuda, Perindo dan PKN," kata dia.Mengenai proses pendaftaran bacaleg, sejauh ini, imbuhnya tidak ada kendala dalam proses pendaftaran bacaleg dan seluruh pengajuan untuk sementara syarat pengajuan telah lengkap, termasuk syarat minimal 30 persen keterwakilan perempuan.

"Solsel memiliki data pemilih sementara (DPS) sebanyak 12.966 jiwa. Dan proses verifikasi administrasi bacaleg sejak 15 Mei -23 Juni 2023," katanya.Dan pada 26 Juni sampai 9 Juli 2023 masuk tahap Parpol menyerahkan pengajuan perbaikan bacaleg hasil verifikasi administrasi. (mrl)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini