Sala Baraia Padang Laweh Malalo Terkait Progul Satu Event Satu Nagari Bupati Eka Putra

×

Sala Baraia Padang Laweh Malalo Terkait Progul Satu Event Satu Nagari Bupati Eka Putra

Bagikan berita
Bupati Eka Putra ikut menikmati proses pembuatan kuliner Sala Baraia di Padang Laweh Malalo, Batipuh Selatan.
Bupati Eka Putra ikut menikmati proses pembuatan kuliner Sala Baraia di Padang Laweh Malalo, Batipuh Selatan.
KUPASONLINE. COM - Program Unggulan Bupati Kabupaten Tanah Datar kembali "mambangkik batang tarandam" kearifan lokal anak Nagari di Padang Laweh Malalo Batipuh Selatan, Tanah Datar.

Sala Baraia dilewakan dalam program unggulan Satu Event Satu Nagari yang dibuka langsung oleh Bupati Kabupaten Tanah Datar, Eka Putra SE,MM.

Acara ini digelar selama tiga hari dimulai Sabtu 6 sampai 8 Mai 2023 di Objek Wisata Nagari Padang Laweh Malalo Batipuh Selatan.

Sala Baraia adalah kearifan lokal kuliner anak Nagari Padang Laweh Malalo yang secara turun temurun digenerasikan kepada masyarakat disana. Dimana kuliner ini sebagai "lauk" yang cepat saji dibuat dengan sangat sederhana dan ramah lingkungan. Artinya seluruh bahan baku untuk membuat kuliner ini tidak perlu dibeli lagi, secara alami telah tersedia di alam dan tinggal petik, mungkin garam saja yang perlu dibeli di warung. Demikian di uraikan secara ringkas oleh Datuak Lelo Marajo, Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Padang Laweh Malalo. Walaupun kuliner ini sederhana baik itu pembuatan dan bahan bakunya, namun dari segi kualitas herbal nya sangat lah tinggi, jelas nya. Hal senada pada kesempatan itu juga ditambahkan Akhyari Dt. Talarang, Wali Nagari Padang Laweh Malalo. Untuk memasak kuliner ini kita harus memakai periuk belanga dari tanah liat, dimana belanga tanah liat merupakan alat masak yang sehat terbebas dari unsur logam yang menyebabkan penyakit. Bahan bakunya kita pakai japan, ikan bilih, daun kelor, (marunggai) yang merupakan sayuran dengan kandungan nutrisi dan herbal terbaik. Dan bahan lainnya berupa bumbu bumbu seperti biasa nya yang kita masak dan tidak pakai santan,ini jelas makanan sehat yang bebas kolesterol seperti kata dokter, ungkap Dt. Talarang sambil tersenyum Pada kesempatan itu Bupati Eka Putra kembali menegaskan bahwa program unggulan Satu Event Satu Nagari telah membuktikan salah satunya terangkatnya kearifan lokal yang selama ini terbenam. Disamping itu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Nagari melalui kepariwisataan daerah. Dengan progul Bupati Eka Putra ini dapat kita saksikan berbagai ragam budaya dengan pesona nya yang menjadikan ciri kas daerah tersebut dapat kita saksikan di Satu Nagari Satu Event. Dan Bupati Eka Putra berharap kegiatan ini dapat berlanjut dan dijadikan agenda kegiatan Nagari. Tampak hadir pada event tersebut  Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian SH, MH, Kadis Parpora Tanah Datar, Hendri Agung Indrianto, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Anggota DPR RI, Anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten, Ketua GOW Tanah Datar, Kepala OPD, Tan Kayo, Camat beserta Forkopimca, Wali Nagari se Kecamatan Batipuh Selatan, LKAAM, niniak mamak, tokoh masyarakat, dan tamu undangan lainnya. Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini