Pimpin Rakor Forkopimda, Bupati Eka Putra "Pemda Tanah Datar Siap Menyambut Idhul Fitri 1444 H/2023 M"

×

Pimpin Rakor Forkopimda, Bupati Eka Putra "Pemda Tanah Datar Siap Menyambut Idhul Fitri 1444 H/2023 M"

Bagikan berita
Pimpin Rakor Forkopimda, Bupati Eka Putra "Pemda Tanah Datar Siap Menyambut Idhul Fitri 1444 H/2023 M"
Pimpin Rakor Forkopimda, Bupati Eka Putra "Pemda Tanah Datar Siap Menyambut Idhul Fitri 1444 H/2023 M"

[caption id="attachment_38167" align="alignnone" width="300"]Bupati Eka Putra Pimpin Rakor Forkopimda dalam Aula Gedung Bupati di Pagaruyung. Bupati Eka Putra pimpin Rakor Forkopimda dalam Aula Gedung Bupati di Pagaruyung.[/caption]KUPASONLINE.COM - Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar siap menyambut hari Raya Idhul Fitri tahun 1444 Hijrah/2023 Masehi.

Hal ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tanah Datar yang digelar dalam Gedung Aula Bupati pada Selasa 18 April 2023 di Pagaruyung, Batusangkar.Rakor Forkopimda tersebut dipimipin langsung Bupati Kabupaten Tanah Datar, Eka Putra,SE,MM.

Dalam Rakor tersebut dibahas kesiapan dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan Forkopimda.Dalam paparan nya seluruh Perangkat Daerah, Tentara Nasional Indonesia (TNI) Kodim 0307, serta Polisi Republik Indonesia (Polri) Polisi Resort (Polres) Tanah Datar menyatakan siap melaksanakan dan melayani masyarakat, terutama pemudik dalam wilayah kerja Kabupaten Tanah Datar.

Pada Rakor tersebut turut hadir Wakil Bupati Richi Aprian, Ketua DPRD Tanah Datar H. Rony Mulyadi Dt. Bungsu.Serta Kapolres Tanah Datar dan Padang Panjang, Dandim 0307 Tanah Datar, Kejaksaan Negeri Tanah Datar, Ketua Pengadilan Negeri Tanah Datar dan Ketua Pengadilan Agama Tanah Datar, Sekretaris Daerah, Asisten, Kepala OPD, Camat serta undangan lainnya.

Pada paparan masing-masing Forkopimda menyatakan siap dengan dengan berbagai rekayasa yang dihadapi dilapangan nantinya.Adapun point yang dibahas pada Rakor tersebut antara lain persiapan pengamanan dan rekayasa lalu lintas dan kebijakan "One Way" mulai H minus sam H plus lebaran yang berdampak terhadap Tanah Datar.

Kemudian kesiapan dan persiapan sektor pariwista berpotensi ramai dipadati pengunjung selama  menyambut libur Idul Fitri.Bupati Eka Putra pada kesempatan itu menyampaikan, dalam menghadapi kesiapan penyambutan Idul Fitri 1444 H dibutuhkan sinergi dan kerjasama antara Pemerintah Daerah dan Forkopimda untuk kelancaran situasi dan kondisi sebelum dan sesudah Idul Fitri.

Untuk itu persiapan yang matang dengan strategi yang tepat dilapangan harus dilakukan se optimal mungkin, kata Bupati Eka Putra.Supaya  masyarakat bisa menikmati momen lebarannya dengan lancar dan aman, katanya.

Poin penting Pemerintah bersama-sama Forkopimda akan bersinergi melakukan pengawasan dan pengamanan dalam memberikan kenyamanan kepada masyarakat dan pemudik.Diingatkan nya juga selama libur Idul fitri 1444 H akan ada peningkatan volume kunjungan pada objek wisata.

Oleh sebab itu dihimbau kesiapan setiap objek wisata pada segala aspek dengan mempedomani Sapta Pesona, lahan parkir dan yang terpenting jangan sampai ada pungutan liar.Kepada seluruh perangkat daerah juga diingatkan untuk selalu memberikan kenyamanan kepada perantau, khusus OPD yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat juga diminta untuk beroperasi selama libur lebaran dengan mengatur jadwal piket.

Dan Bupati Eka menghimbau kepada seluruh masyarakat dan perantau yang akan melakukan perjalanan untuk mematuhi arahan dari petugas untuk keselamatan dan kelancaran berlalu lintas.Kapolres Tanah Datar AKBP Derry Indra, selaku penanggung jawab keamanan menyampaikan dalam rangka menghadapi libur Idul Fitri 1444 H jajaran Polres telah menyiapkan beberapa titik posko pengamanan khusus di Tanah Datar.

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini