DPRD Sampaikan Pendapat Akhir Fraksi dan Rekomendasi Terhadap LKPJ Walikota tahun 2022

×

DPRD Sampaikan Pendapat Akhir Fraksi dan Rekomendasi Terhadap LKPJ Walikota tahun 2022

Bagikan berita
Suasana rapat paripurna di DPRD Padang. (foto : humas DPRD)
Suasana rapat paripurna di DPRD Padang. (foto : humas DPRD)

KUPASONLINE.COM - DPRD Kota Padang menyampaikan Pendapat Akhir Fraksi dan Rekomendasi Terhadap LKPJ Walikota tahun 2022. Penyampaian pendapat dan rekomendasi ini disampaikan terpisah dalam dua kali rapat paripurna di DPRD Padang, Rabu (5/4).Rapat paripurna pertama mengagendakan penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Tahun 2022.

Rapat paripurna kedua mangagendakan penyampaian rekomendasi DPRD Kota Padang terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Tahun 2022.

Kedua rapat paripurna tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Syafrial Kani didampingi para Wakil Ketua, yaitu Arnedi Yarmen, Amril Amin dan Ilham Maulana serta Sekwan Hendrizal Azhar.Sementara itu, Walikota Padang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Andree Algamar.

Juga tampak hadir segenap anggota DPRD Kota Padang, kepala OPD di lingkungan Pemko Padang, unsur Forkopimda Padang serta para tamu undangan lainnya. 

LKPJ merupakan acuan bagi DPRD dalam melaksanakan fungsi sebagai lembaga perwakilan rakyat di daerah untuk mewujudkan pemerintahan yang dapat memenuhi kehendak rakyat.

Oleh karena itu, maka UU No. 9 Tahun 2015 Tentang Perubahan Kedua Atas UU No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, hadir untuk mengatur kewenangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) membahas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Pemerintah Daerah (LKPJ) untuk rekomendasi perbaikan penyelenggaraan dan kinerja Pemerintahan Daerah. 

Pengukuran kinerja dilakukan dalam rangka mewujudkan salah satu unsur pokok good governance yaitu Akuntabilitas.

Dimana DPRD sebagai representasi rakyat dapat menilai apakah pemerintah telah bekerja sesuai dengan dokumen perencanaan daerah.Rapat paripurna tersebut diawali dengan penyampaian laporan Pansus I, II, III dan IV DPRD Kota Padang oleh Ilham Maulana Putra Wakil Ketua DPRD Kota Padang.

Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani mengungkapkan bahwa dalam hasil rapat Paripurna Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi, semua fraksi menyatakan setuju."Masing-masing fraksi telah menyerahkan pandangan umum atas LKPJ Walikota Tahun 2022 dan menyatakan setuju namun dengan beberapa catatan, ujarnya.

Dikatakan, sejumlah catatan dari penyampaian pendapat akhir fraksi diantaranya permasalahan PAD dan persoalan banji. 

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini