PPD Penilaian Tahap Akhir di Tanah Datar, Progul Bombastis Harus Didukung Pemerintah Pusat

×

PPD Penilaian Tahap Akhir di Tanah Datar, Progul Bombastis Harus Didukung Pemerintah Pusat

Bagikan berita
Tim Verifikasi PPD bersama Bupati Eka Putra dan didampingi Kadis Sri Mulyani.
Tim Verifikasi PPD bersama Bupati Eka Putra dan didampingi Kadis Sri Mulyani.

KUPASONLINE.COM - Setelah lolos dalam 12 Besar Nasional penilaian Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) Kabupaten Tanah kembali menjalani penilaian tahap akhir.Penilaian PPD pada tahap akhir ini adalah kunjungan verifikasi Tim ke lapangan dan Fokus Group Discussion (FGD) dibeberapa tempat yang akan dinilai.

Tim penilai PPD tahun 2023 ini langsung dari Jakarta dan disambut oleh Bupati Kabupaten Tanah Datar Eka Putra, SE, MM di Indo jelito Batusangkar pada Rabu 5 April 2023.Bupati Eka Putra bersama Ketua DPRD H. Ronny Mulyadi Dt. Bungsu dan Wakil Ketua Anton Yondra, juga turut dalam penyambutan itu.

Kemudian Sekda Iqbal Ramadi Payana, Asisten Ekobang, Kepala Bappeda Litbang Alfian Zamra beserta jajaran, Kepala Dinas Pertanian Sri Mulyani beserta jajaran, dan beberapa kepala OPD dilingkup Pemda Tanah Datar.Tim penilai terdiri dari, Tim Independen, Prof. Dr. Hermanto Siregar, dan Tim Penilai Utama, Drs. Sri Bagus Guritno, Ak, M.Sc, serta Tim Teknis dari Bapenas RI.

Dalam sambutannya Bupati Eka Putra menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim penilai dan rombongan dan berharap selama beberapa hari melakukan verifikasi lapangan di kabupaten Tanah Datar berjalan lancar.Bupati Eka Putra juga menceritakan kilas balik latar belakang lahirnya inovasi Biaya Operasional Membajak Sawah Secara Gratis (Bombastis) di Tanah Datar.

Pada tahun 2018 sebelum terpilih menjadi Bupati, Eka Putra sering keliling dari satu kampung ke kampung yang lain.Lalu dia berdiskusi dengan masyarakat yang sebagian besar petani dan menampung keluhan serta aspirasi yang disampaikan.

Dari beberapa pertemuan itu ada poin yang disimpan dan itu menjadi pikiran sehingga menguatkan dirinya untuk mencalonkan diri menjadi bupati.Setelah terpilih menjadi bupati ada 4 program unggulan yang akan kami jalankan dan erat kaitannya dengan petani, jelas Bupati Eka Putra.

4 program yang berkaitan langsung dengan petani tersebut antara lain adalah Program Bajak Sawah Gratis atau sekarang disebut Bombastis.Lalu Asuransi Tani Dan Ternak, Perbaikan Irigasi dan Peningkatan Kuota Pupuk Bersubsidi.

Selain 4 program yang dijanjikan kepada masyarakat itu, bersama steak holder lainnya Pemda Tanah Datar juga mengaktifkan UPPO.Ini dilakukan dengan harapannya ke depan para petani Tanah Datar tidak lagi tergantung kepada pupuk kimia.

Apa yang kami cita-citakan tercapai sesuai target yang tercantum pada roadmap program unggulan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.Dan Inovasi Bombastis pada tahun 2022 lalu berhasil melampaui target  rencana semula, dari target 4.200 hektare terealisasi seluas 4.204,49 hektare atau 100,11% yang meliputi 7.900 orang petani penerima manfaat, jelas nya.

Bupati Eka Putra berharap agar penilaian ini dapat berjalan dengan lancar dan kepada seluruh steak holder yang terkait juga diminta untuk dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh tim penilai, ungkap Eka Putra.Ketua Tim penilai Prof. Dr. Hermanto Siregar mengatakan dalam verifikasi lapangan ini dilakukan untuk mencocokkan apa yang telah dipresentasikan oleh Bupati pada eksposnya saat penilaian tahap II beberapa waktu lalu di Jakarta.

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini