CEK FAKTA: Ida Dayak Nyaris Meninggal Setelah Obati Pangeran Arab, Benarkah?

×

CEK FAKTA: Ida Dayak Nyaris Meninggal Setelah Obati Pangeran Arab, Benarkah?

Bagikan berita
Ida Dayak. (Foto: Istimewa)
Ida Dayak. (Foto: Istimewa)

KUPASONLINE.COM - Nama Ida Dayak baru-baru ini menjadi ramai perbicangan warganet.Ida Dayak dikenal sebagai seseorang yang ahli dalam pengobatan alternatif.

Karena pengobatannya tersebut banyak yang menyebut manjur, akibatnya masyarakat pun berbondong-bondong mendatangi kediamannya.Tak lama ini, sebuah rumor menyebutkan bila Ida Dayak meninggal dunia usai diundang datang ke Arab Saudi untuk mengobati pangeran Arab.

Rumor tersebut disebarkan oleh Rumah Informasi pada Selasa 4 April 2023."Heboh! Nyawa Ida Dayak nyaris jadi korban saat pengobatan Pangeran Arab yang, 17 tahun," tulis judul video, dikutip Rabu (5/4/2023).

Sementara pada bagian sampul video dituliskan, "NYARIS NYAWA SENDIRI DIPERTARUHKAN SAAT RITUAL PENGOBATAN."Lantas Benarkah rumor yang diedarkan oleh rumah informasi tersebut?

CEK FAKTA:

Setelah dilakukan penelusuran oleh Kupasonline.com, video tersebut tidaklah benar. Sebab tidak ada panggilan sama sekali dari Raja Arab untuk Ida Dayak agar datang untuk mengobati Pangeran Arab.Informasi tersebut juga hanya merupakan rekayasa semata. Hal ini juga dapat terlihat pada bagian sampul foto yang merupakan hasil rekayasa.

Dengan demikian dapat disimpulkan bila informasi berjudul, " heboh nyawa Ida Dayak nyaris jadi korban saat pengobatan Pangeran Arab yang, 17 tahun," merupakan berita bohong atau hoax.Tidak terdapat keselarasan antara judul dan isi video yang ditayangkan. (*)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini