Ketua DPRD Sumbar Supardi Katakan Sumbar Bisa Belajar Cara Meningkatkan Pendapatan dari Provinsi Riau

×

Ketua DPRD Sumbar Supardi Katakan Sumbar Bisa Belajar Cara Meningkatkan Pendapatan dari Provinsi Riau

Bagikan berita
Ketua DPRD Sumbar Supardi saat diskusi dengan Bapenda Provinsi Riau. (Foto : humas DPRD Sumbar).
Ketua DPRD Sumbar Supardi saat diskusi dengan Bapenda Provinsi Riau. (Foto : humas DPRD Sumbar).

KUPASONLINE.COM - Ketua DPRD Sumbar, Supardi menyebut Pemrov Sumbar bisa belajar meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari provinsi Riau.Karena saat ini provinsi itu merupakan masuk dalam deretan tiga (3) besar provinsi di Indonesia yang telah mandiri dari segi fiskal setelah DKI Jakarta dan Kalimantan Timur.

"Sepertinya kita perlu banyak belajar dari Propinsi Riau. Mereka sudah memiliki kemandirian fiskal.APBD mereka sudah mampu mendanai 56 persen dari kegiatan setiap tahunnya. Jadi tidak terlalu tergantung dengan bantuan dana dari pemerintah pusat lagi,"ungkap Ketua DPRD Sumbar Supardi usai pertemuan dengan komisi III DPRD Sumbar dengan Bapenda Propinsi Riau (4/4).

Menurutnya, di Sumbar perlu adanya inovasi dalam meningkatkan PAD setiap tahunnya.Sehingga bisa mentarget tercapai. Seperti halnya dilakukan oleh Pemerintah Propinsi Riau yang saat ini telah memiliki kemandirian fiskal.

Seperti yang diketahui, di Propinsi Riau tak hanya memiliki banyak pabrik dan sumber daya alam.Tapi juga daerah ini juga punya banyak inovasi dalam mengelola sumber potensi dengan maksimal guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Saat ini, APBD Propinsi Riau adalah sebesar Rp.9,1 triliun.Semua itu tidak didapat begitu saja. Ada banyak usaha yang dilakukan dalam menjalankan roda pemerintahan.

"Kita perlu tiru agar Sumbar juga bisa maju seperti Riau,"kata Supardi.Pemerintah Sumbar harus jeli melihat peluang yang ada. Sehingga potensi yang ada bisa tergarap secara maksimal.

Tekad dan dan semangat semua stakeholder terkait di Sumbar perlu didorong secara bersama-sama.Sehingga Sumbar bisa maksimal dalam menggarap sumber-sumber atau potensi PAD.

Kepala Bapenda Propinsi Riau melalui kabid Pajak Daerah, Muhamad Sayoga menyebutkan, sumber terbesar PAD Riau salah satunya adalah dari Pajak Kendaraan Bermotor.Ada program 7 Bertuah yang telah diterapkan. Selain menguntungkan masyarakat, program ini juga menghasilkan PAD setiap tahunnya  sebanyak Rp. 1,3 triliun untuk realisasi PKB dan Rp.1 triliun untuk hasil BBNKB.

Seperti yang diketahui, program 7 bertuah Pemprov Riau adalah program yang memberikan keringanan pada masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor dan menunggak membayar pajak.Bentuk keringanan yang diberikan berupa pemutihan denda keterlambatan pajak dan bebas bea balik nama.

Dengan program ini Pemprov Riau bisa merauk PAD yang cukup tinggi.Tak hanya itu, Bapenda Provinsi Riau juga mampu memaksimalkan penghasilan dari pajak air permukaan.

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini