10 Tempat Wisata Tanah Datar Selain Istano Pagaruyung, Rekomendasi Liburan Idul Fitri 2023

×

10 Tempat Wisata Tanah Datar Selain Istano Pagaruyung, Rekomendasi Liburan Idul Fitri 2023

Bagikan berita
Istano Basa Pagaruyung. (Foto: Instagram @wisatapadang)
Istano Basa Pagaruyung. (Foto: Instagram @wisatapadang)

KUPASONLINE.COM - Berikut ini dalam artikel ini sudah tersedia beberpa rekomendasi tempat wisata yang dapat kamu kunjungi di Kabupaten Tanah Datar.Selain Istano Basa Pagaruyung yang terkenal, ternyata masih banyak lagi tempat wisata yang harus kamu kunjungi.

Karena tempat wisata di Tanah Datar ini memiliki hal yang sangat menarik, terutama pada keindahan alam yang memanjakan mata.Kamu bisa mengajak orang-orang terdekatmu untuk berwisata ke tempat-tempat yang ada di daerah Tanah Datar ini.

Selain itu lokasi-lokasi berikut ini bisa jadi opsi bagi kamu yang ingin mengajak keluarga dan pasangan untuk berliburan di hari raya Idul Fitri 2023.Berikut tempat wisata di Tanah Datar yang bisa kamu kunjungi selain Istana Basa Pagaruyung yang dilansir dari Halonusa.com.

10 Tempat Wisata Tanah Datar Selain Istano Pagaruyung

1. Cagar Budaya Batikam

[caption id="attachment_35304" align="alignnone" width="750"]Cagar Budaya Batu Batikam. (Foto: Pesonaindonesia.kompas.com) Cagar Budaya Batu Batikam. (Foto: Pesonaindonesia.kompas.com)[/caption]Cagar Budaya Batikam atau biasa disebut Batu yang tertusuk, merupakan lokasi bersejarah di Nagari Lima Kaum, tepatnya di Jurung Dusun Tuo Tanah Datar.

Batu Batikam sendiri merupakan benda cagar budaya berupa batu dengan bekas tusukan ditengah, yang menurut sejarah merupakan bekas tusukan keris Datuak Parpatiah Nan Sabatang.Batu Batikam merupakan bukti adanya Kerajaan Minangkabau di zaman Neolitikum. Batu ini melambangkan pentingnya musyawarah dan perdamaian di Minangkabau.

Lokasi cagar budaya ini memiliki luas 1.800 m, yang sebelumnya pada zaman dahulu digunakan sebagai tempat musyawarah kepala suku atau medan nan bapaneh.

Lokasi: Jorong Dusun Tuo, Kec. Nagari Lima Kaum, Kab. Tanah Datar.2. Danau Singkarak

[caption id="attachment_35305" align="alignnone" width="750"]Danau Singkarak. (Foto: Instagram @ceb0l) Danau Singkarak. (Foto: Instagram @ceb0l)[/caption]Kamu mungkin akan berdecak kagum ketika menikmat pesona wisata terindah di Tanah datar, Danau Singkarak ini. Memiliki luas 107.8 km, danau ini disebut sebagai danau terindah dan terluas kedua di Sumatera setelah Danau Toba.

Terdapat beberapa spot yang bisa Anda pilih untuk menikmati keindahan Danau Singkarak, yaitu di puncak pulau, puncau bukit Aua Sarumpun, Puncak Gobah Aripan, Puncak Cinangkiak, dan puncak Akasia.Lokasi: Malalo, Kec. Batipuh Selatan, Kab. Tanah Datar.

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini