Jadwal Libur Cuti Bersama Lebaran Idul Fitri, 19 hingga 26 April 2023

×

Jadwal Libur Cuti Bersama Lebaran Idul Fitri, 19 hingga 26 April 2023

Bagikan berita
Ilustrasi mudik lebaran. (Foto: Carmudi.co.id)
Ilustrasi mudik lebaran. (Foto: Carmudi.co.id)

KUPASONLINE.COM - Pemerintah memutuskan cuti Lebaran Idulfitri 2023 akan dimulai pada 19 April hingga 26 April.Keputusan tersebut disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta.

"Tadi ada keputusan Bapak Presiden berkaitan dengan cuti bersama. Liburnya maju dua hari. Jadi, mulai tanggal 19 sudah libur, 20 sudah libur, tapi masuknya 26 (April)," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat 24 Maret 2023.Keputusan bermula dari usul Budi Karya dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Mereka mengusulkan cuti bersama lebaran ditambah dan dimajukan untuk mencegah kemacetan.

"Kalau sekarang itu cutinya sesuai dengan SKB 3 menteri dari tanggal 21 sampai tanggal 26 (April),"Budi menyatakan bahwa jadwal cuti bersama yang baru dapat membantu mengurangi kemacetan kendaraan saat arus mudik.

Berdasarkan prediksi pemerintah, pemudik kemungkinan akan memulai perjalanan menuju kampung halaman mereka pada 18 April sore hari, sesuai dengan jadwal baru ini.Diperkirakan bahwa arus mudik akan berlangsung selama empat hari hingga 21 April. Oleh karena itu, pemudik akan memiliki lebih banyak waktu untuk kembali ke kampung halaman mereka.

Budi menyatakan bahwa jadwal cuti bersama yang baru telah ditetapkan secara resmi. Bersama dengan Menag Yaqut Cholil Qoumas dan Menpan RB Azwar Anas, ia akan mengeluarkan sebuah surat keputusan bersama mengenai hal tersebut."Karena sudah diputuskan dalam ratas ini, secara de facto sudah terjadi, tinggal de jure kami usulkan usulan kepada Pak Presiden dan saya rasa kami akan rapat dengan tiga kementerian," ujarnya. (can)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini