Sungguh Unik Tradisi Balimau di Talang Tangah

×

Sungguh Unik Tradisi Balimau di Talang Tangah

Bagikan berita
Prosesi Acara Balimau Nagari Talang Tangah, Tanah Datar.
Prosesi Acara Balimau Nagari Talang Tangah, Tanah Datar.

KUPASONLINE.COM - Tradisi Balimau adalah tradisi turun temurun yang dilakukan sebagian masyarakat Minangkabau menjelang memasuki bulan suci Ramadhan.Biasanya tradisi ini diawali dengan membasahi serta menyucikan diri dengan wewangian, rempah rempah seperti jeruk nipis, pandan yang disiramkan ke kepala, lalu mandi mencebur disungai.

Hal ini dimaksudkan dalam bulan yang suci ini tentunya disambut dengan hal yang suci pula, suasana harum dan wangi seraya bermaaf-maafan dengan sesama.Itulah prosesi tradisi balimau yang biasanya dan lazim dilakukan sebagian masyarakat Minangkabau di daerah tertentu.

Namun berbeda tradisi balimau yang dijumpai dan dikunjungi Bupati Kabupaten Tanah Datar, Eka Putra,SE.MM di Nagari Talang Tangah Kecamatan Sungai Tarab Tanah Datar.Seperti diuraikan oleh Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Talang Tangah Joharlis Datuak Pangka Jindo, pada Rabu 22 Maret 2023 dalam sebuah acara Majelis Balimau di Medan Nan Satangkai dan dihadiri langsung oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra.

Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dari dulunya kami Niniak Mamak berkumpul dan berdiskusi untuk memutuskan berbagai persoalan yang ada di Nagari Talang Tangah.Ini sudah tradisi turun temurun dari nenek moyang, seluruh masyarakat berkumpul disini, termasuk dalam menentukan datangnya bulan suci Ramadhan, urai  Datuak Pangka Jindo.

Ditambahkan juga oleh Andry Andres, Walinagari Talang Tangah,  intinya acara balimau ini adalah duduk bersama para Niniak Mamak dan masyarakat mencari "kato sapakaik" (kata sepakat) untuk memutuskan datangnya bulan Ramadhan.Pada kesempatan itu Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan bahwa tradisi balimau di Nagari Talang Tangah selaras dengan program unggulan Pemerintah yakni Satu Nagari Satu Event.

"Ini unik dan perlu kita diangkat di dalam program Satu Nagari Satu Event, supaya masyarakat luas tahu apa itu tradisi balimau di nagari Talang Tangah ini", kata Eka Putra.Sebagai Pemerintah Daerah mari terus kita jaga dan lestarikan kegiatan ini, semoga dengan kegiatan ini tali silaturahmi diantara kita terus terjaga, ujar Bupati Eka.

Bupati juga mohon maaf terkait memasuki bulan suci Ramadhan serta menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia dan pemuda yang telah berpartisipasi di dalam menyukseskan kegiatan ini.Semoga dalam bulan penuh berkah dan rahmah ini kita semua memperbanyak amalan dan ibadah kepada Allah, sampai nya.

Prosesi Balimau ini dihadiri segenap masyarakat Nagari Talang Tangah, Niniak Mamak, Bundo Kanduang,  Pimpinan dan anggota DPRD Tanah Datar, Camat, dan Wali Nagari. (Rizal). 

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini