Albert Hendra Lukman Gelar Reses : Warga yang Punya Usaha Agar Segera Bentuk KUBE Guna Mendapatkan Bantuan dari Dana Pokir

×

Albert Hendra Lukman Gelar Reses : Warga yang Punya Usaha Agar Segera Bentuk KUBE Guna Mendapatkan Bantuan dari Dana Pokir

Bagikan berita
Albert Hendra Lukman saat melakukan reses
Albert Hendra Lukman saat melakukan reses

KUPASONLINE.COM--Anggota DPRD Sumatera Barat, Albert Hendra Lukman meminta kepada semua masyarakat yang memiliki usaha agar segera membentuk kelompok usaha bersama (KUBE). Pembentukan kelompok ini sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan bantuan dari dana Pokir anggota DPRD."Kita tak bisa menyalurkan bantuan kepada perseorangan. Harus membentuk kelompok dulu baru bisa kita bantu. Begitu aturannya,"sebut Albert Hendra Lukman pada saat reses massa sidang kedua tahun 2022/2023, Minggu (5/3) di kawasan Gunung Pangilun Kecamatan Padang Utara Kota Padang.

Anggota Komisi III DPRD Sumbar ini menjelaskan, selain dana pokir, tidak semua permintaan warga ada anggarannya di APBD, tapi bisa dicarikan solusi dengan menggandeng perusahaan-perusahaan yang ada dengan mengupayakan dari CSR nya.Namun jika membutuhkan dana untuk perorangan karena sulit bikin kelompok bisa melalui pinjaman ringan KUR di Bank Nagari tanpa ada jaminan dengan bunga cukup rendah hanya 6 persen pertahun.

Dalam hal ini, ia akan berupaya melaporkan ke Bank nagari terdekat jika ada warga yang meminta bantuan perorangan tersebut. Dan untuk bantuan lainnya akan mengupayakan jalannya. Dalam acara ini antusias masyarakat begitu terlihat. Warga banyak berdatangan dan mengajukan pertanyaan menyampaikan permasalahan mereka kepada wakil mereka Albert Hendra Lukman. Tapi Albert berjanji jika belum ada warga yang belum mendapatkan bantuan daari pemerintah namun warga tersebut pantas mendapatkan maka segera laporkan kepada Tim.Saat ini, kata dia, ada banyak program yang diselenggarakan pemerintah seperti program Indonesian Pintar, dimana bantuan beasiswa bagi anak-anak sekolah yang kurang mampu tapi butuh biaya sekolahnya. Bantuan tersebut berupa 450 ribu untuk SD, 750 ribu untuk SMP dan 1 juta rupiah untuk SMA. Namun bantuan ini tidak berlaku untuk anak yang akan tamat seperti kelas 6 SD, 3 SMP dan 3 SMA karena saat realisasinya nanti mereka sudah tamat sekolah.

"Banyak program dari pemerintah dan DPRD Sumbar seperti Indonesia pintar, tapi belum semua yang dapat kita mendahulukan Warga yang betul-betul membutuhkan", ungkap Albert. (*) 

  

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini