Semua Pelaku UMKM Diharapkan Menjadi Anggota Koperasi

×

Semua Pelaku UMKM Diharapkan Menjadi Anggota Koperasi

Bagikan berita
Foto Semua Pelaku UMKM Diharapkan Menjadi Anggota Koperasi
Foto Semua Pelaku UMKM Diharapkan Menjadi Anggota Koperasi

KUPASONLINE.COM--Semua pelaku UMKM diharapkan bisa menjadianggota Koperasi. Hal ini karena koperasi bisa menjadi penyeimbang perekonomian nasional yang bebas dari rentenir atau tengkulak.

Saat ini berbagai usaha perdagangan dan isdustri kecil bisa digerakan melalui wadah koperasi. Hal itu karena koperasi salah satu wadah pengembangan ekonomi dengan prinsip secara bersama sama maju dalam memberikan multi effect terhadap pengembangan peningkatan ekonomi masyarakat.Hal itu diungkapkan Asisten I pemprov. Sumbar Devi Kurnia dalam rapat koordinasi bidang koperasi, di Grand zury hotel yang diikuti oleh OPD-OPD dari 19 kabupaten/kota dilingkungan pemprov sumbar,Senin (27/02/23)

Devi Kurnia mengajak OPD-OPD untuk mewujudkan Sumatera Barat madani yang unggul dan berkelanjutan sebagai program sumbar madani sampai tahun2026, dengan misinya meningkatkan usaha perdagangan dan industry dan industry kecil menengah serta ekonomi berbasis digital.Dikatakannya, saat ini laju perekonomian sumbar bergerak hingga 5.01 persen karena covid19 menurun sampai pada angka 1,60 persen, tahun 2020 kembali membaik diangka 3.29persen itu dikarenakan melalui program recovery covid19, tahun 2021 pada angka 4.38 persen dan tahun 2022 menjadi 4.36persen.

Untuk diketahui bahwa sub-sector koperasi mengalami perlambatan dimana tahun 2018 diangka 7.55 persen dan melambat tahun 2019 menjadi 5.7 persen dan tahun 2020 menjadi 17.33 persen. Tahun 2021 kurang 1.83 persen dan tahun 2022 menjadi 4.8 persen dengan pendapatan domestic regional bruto 4 triliyun lebih. Ujar Devi KurniaDiingatkannya, dengan berobahnya pola hidup dan gaya hidup maka masyarakat pelaku usaha harus mampu menyesuaikan pola disrupsi sehingga pemprov sumbar mendorong koperasi mampu mengikuti pola dan gaya hidup masyarakat era digital.

Dan mendorong pelaku usaha dan koperasi di Sumbar untuk mendapatkam kredit dari Bank atau lembaga pendanaan lainnya dengan catatan bunga rendah sesuai dengan kondisi perekonomian saat iniKegiatan Rakor juga mengundang Arif Rahman Hakim Sekretaris Kemeterian Koperasi dan UKM RI sebagai pembicara dalam agenda dinas koperasi dan UMKM di Sumbar dan Ririn Kadariyah yang merupakan Direktur Pusat Investasi Pemerintah (PIP) RI juga menjadi pembicara diskusi tersebut (tin)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini