Kumpulan Soal Bahasa Indonesia Kelas 3 SMP, Simak Juga Ulasannya

×

Kumpulan Soal Bahasa Indonesia Kelas 3 SMP, Simak Juga Ulasannya

Bagikan berita
Kumpulan Soal Bahasa Indonesia Kelas 3 SMP, Simak Juga Ulasannya
Kumpulan Soal Bahasa Indonesia Kelas 3 SMP, Simak Juga Ulasannya

Kumpulan Soal Bahasa Indonesia Kelas 3 SMP, Simak Juga Ulasannya Sudah siap-siap menghadapi ujian sekolah,? Menjelang ujian sekolah tahun ini, siswa SMP dan MTs bisa berlatih dengan contoh soal ujian sekolah bahasa Indonesia kelas 9.Sejumlah materi yang kerap keluar dalam ujian sekolah SMP di antaranya yaitu tanda baca, penggunaan huruf kapital, ide pokok paragraf, kalimat efektif, simpulan paragraf, dan kalimat penjelas hingga kalimat utama.

Dilansir dari buku Sukses UN - USBN SMP/MTs 2019, berikut sejumlah contoh soal yang bisa kerjakan dan pelajari:Contoh Soal Ujian Sekolah Bahasa Indonesia Kelas 9

1. Bacalah teks berikut!Menurut sejarah, kentang ditanam petani Peru sejak 2.000 tahun lalu pada 1524, saat tentara Spanyol mendarat di sana, kentang, kacang tanah, dan merica mulai dikenal dunia. Seorang tentara Spanyol tertarik pada kentang yang tumbuh subur di Desa Sorocota, di Pegunungan Andes, Peru. Ia membawanya ke Spanyol. Setelah mendarat di Spanyol, ia menyebarkannya ke seluruh penjuru Eropa.

Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah...A. Penyebar kentang di Eropa adalah tentara Spanyol.

B. Kentang merupakan makanan pokok tentara Spanyol.C. Penemuan kacang tanah dan kentang dilakukan dengan sengaja.

D. Ketertarikan tentara Spanyol pada kentang karena ditanam di Peru.Pembahasan:

Teks pada soal menjelaskan tentang sejarah persebaran tanaman kentang. Berdasarkan teks tersebut, kentang dibawa ke Eropa oleh tentara Spanyol dari Peru. Dari sana, kentang mulai menyebar ke seluruh Eropa. Jawaban: A2. Bacalah teks berikut!

(1) Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia hanya sekitar 0,001%. (2) Angka itu lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata minat baca internasional. (3) Meskipun terpaut jauh dalam selisih angka dalam data tersebut, Pemerintah Indonesia tetap bertekad untuk meningkatkan minat baca masyarakat. (4) Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan Gerakan Literasi Sekolah (GLS).Hide quoted text

Kalimat yang menyatakan pertentangan pada teks tersebut ditandai dengan nomor...A. (1)

B. (2)C. (3)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini