Wamentan RI Harapkan "Progul" Ikut Dorong Hilirisasi Produk UMKM Sektor Pertanian

×

Wamentan RI Harapkan "Progul" Ikut Dorong Hilirisasi Produk UMKM Sektor Pertanian

Bagikan berita
Wamentan RI Harapkan "Progul" Ikut Dorong Hilirisasi Produk UMKM Sektor Pertanian
Wamentan RI Harapkan "Progul" Ikut Dorong Hilirisasi Produk UMKM Sektor Pertanian

[caption id="attachment_26025" align="alignnone" width="1080"] Bupati Kabupaten Tanah Datar, Eka Putra Bersama Wamentan RI, Harvick Hasnul Qolbi. [/caption]Jakarta,Kupasonline - Bupati Kabupaten Tanah Datar, Eka Putra berkunjung dan bersilaturahmi dengan Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) pada Selasa 20 September 2022 di Jakarta.

Bupati dan rombongan  disambut Wamentan RI, Harvick Hasnul Qolbi dikantor nya jalan Harsono RM. No.3 Ragunan Jakarta Selatan.Bupati Eka Putra didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Abdul Hakim, Plt. Kepala Dinas Pertanian Sri Mulyani, Sekretaris Baperlitbang Adriyanti Rustam serta Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Tanah Datar, Wel Embra.

Wamentan RI, Harvick Hasnul Qolbi, menyambut gembira kedatangan Bupati dan rombongan serta mengapresiasi Penghargaan Pengendalian Inflasi di Kabupaten Tanah Datar yang telah diterima beberapa waktu lalu.Harvick Hasnul Qolbi menyampaikan dia mendorong Pemerintah Kabupaten Tanah Datar untuk meningkatkan produksi dan meningkatkan hilirisasi produk pertanian dalam rangka meningkatkan nilai tambah dibidang pertanian.

Dikatakan nya "Hilirisasi tidak hanya dapat menyerap hasil pertanian agar memiliki nilai tambah, tetapi juga dapat mengendalikan inflasi pangan agar stabil, serta mendorong hadirnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk dapat memasarkan produk-produk pertanian Tanah Datar", kata Wamentan Harvick.Dan untuk itu butuh straegi dan inovasi jitu dalam pemasaran yang elastis dan dinamis  dalam rangka meningkatkan nilai tambah terhadap produk pertanian serta mendorong terbentuknya UMKM di Tanah Datar, ujarnya.

Dalam paparan nya Bupati Eka Putra mengungkapkan, ada 4 (empat) program unggulan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar di bidang pertanian yang sangat strategis, yakni Bajak Sawah Gratis, meningkatkan Asuransi Tani, meningkatkan Kuota Pupuk Bersubsidi dan Perbaikan Irigasi.Disampaikan Eka Putra "Sebanyak 72% masyarakat Kabupaten Tanah Datar bergerak disektor pertanian, oleh sebab itu saya bersama Wakil Bupati sepakat menjadikan 4 hal itu menjadi Progul berskala prioritas yang dilaksanakan dan telah disahkan.

Ditambahkannya lagi  terkait Kabupaten Tanah Datar mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten dengan pengendalian inflasi daerah terbaik di wilayah Sumatera.Penghargaan dan Apresiasi tersebut telah diterima pada Rapat Koordinasi Nasional Tim Pengendali Inflasi Pusat dan Daerah (TPIP dan TPID) di Surabaya pada Rabu 14 September 2022 yang lalu, ungkap Eka Putra.

Yaitu melalui program TPID Tanah Datar Inovasi Peduli Babe, yakni Peningkatan Produksi dan Hilirisasi Bawang Merah dan Cabe Merah, telah berhasil meraih penghargaan di Tingkat Nasional, jelas Bupati Eka Putra.(Rizal, foto ProkopimTD).

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini