Eka Putra Bantu 11 Penerima Manfaat Kelompok P2L Tanah Datar.

×

Eka Putra Bantu 11 Penerima Manfaat Kelompok P2L Tanah Datar.

Bagikan berita
Eka Putra Bantu 11 Penerima Manfaat Kelompok P2L Tanah Datar.
Eka Putra Bantu 11 Penerima Manfaat Kelompok P2L Tanah Datar.

Tanah Datar, Kupasonline - Bupati Kabupaten Tanah Datar Eka Putra, memberikan bantuan secara simbolis kepada 11 Kelompok
program pemanfaatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di Aula Gedung Kantor Bupati setempat 26 Agustus 2022 .

Bantuan ini juga dimaksudkan dalam upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar untuk percepatan penurunan stanting.

Pemberian bantuan itu diawali dengan pembukaan secara resmi oleh Bupati Kabupaten Tanah Datar, Eka Putra, SE, MM. Rapat Koordinasi P2L Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik (NF) Tahun 2022.

Program P2L adalah upaya meningkatkan Ketahanan Pangan Keluarga dalam rangka penyediaan pangan sebagai sumber vitamin dan mineral, karbohidrat serta protein yang beragam, bergizi dan aman sangat dibutuhkan bagi kesehatan dan upaya mencegah stunting atau gagal tumbuh pada balita akibat kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk seusianya, serta sekaligus meningkatkan perekonomian keluarga.

Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar Suhermen mengatakan Tahun 2022 ini melalui DAK NF sebanyak 11 kelompok P2L menerima bantuan dengan total Rp345.000.000,- dengan rincian sebanyak 4 kelompok penumbuhan masing-masing sebesar Rp60.000.000,- dan 7 kelompok pengembangan masing-masing Rp15.000.000,-.

P2L adalah kegiatan kelompok masyarakat yang secara bersama mengusahakan lahan pekarangan sebagai sumber pangan secara berkelanjutan untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, pemanfaatan dan pendapatan bagi keluarga, jelasnya

Untuk komponen P2L ini ada kebun benih, demplot, pertanaman atau pekarangan dan pasca panen, dan fokus kepada pemberdayaan kelompok masyarakat, serta bermanfaat bagi keluarga terutama dalam pencegahan stunting, kata Suhermen.

Dalam sambutan nya Bupati Tanah Datar Eka Putra, mengatakan pangan merupakan kebutuhan hidup manusia, jadi ketersediaannya harus mencukupi, oleh sebab itu pemenuhan kesehatan melalui pemberian makanan sehat dan gizi seimbang harus menjadi prioritas apalagi pandemi covid-19 masih mengkhawatirkan, jadi itu perlu imunitas bagi tubuh dengan pola makan yang sehat dam gizi seimbang, kata Bupati.

Dia berharap, masyarakat bisa menyediakan bahan pangan lokal berkualitas baik untuk menjaga kesehatan keluarga dengan memanfaatkan lahan dan pekarangan rumah.

Sesuai arahan dari Pemerintah Pusat jika tahun ini DAK NF ini masih di Dinas Pangan dan Perikanan namun tahun depan sudah di Dinas Pertanian maka program ini terus dilanjutkan jangan terhenti sampai disini, ungkap Eka Putra.

Bupati Eka Putra sangat mengapresiasi P2L ini, karena memanfaatkan lahan pekarangan dan lahan-lahan tidur yang selama ini tidak dimanfaatkan, dan dia bersyukur kelompok kelompok di Tanah Datar sangat produktif seperti Kelompok Wanita Tani (KWT), terangnya.

Pada rakor tersebut turut dihadiri Asisten Setda Tanah Datar, Plt. Kadis Pertanian Sri Mulyani, Kepala OPD, Camat, Wali Nagari, KWT, Kelompok P2L penerima bantuan dan undangan lainnya. (Rizal).

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini