Apa Itu ANBK dan Bagaimana Prosesnya, Ikuti Penjelasan Disini

×

Apa Itu ANBK dan Bagaimana Prosesnya, Ikuti Penjelasan Disini

Bagikan berita
Apa Itu ANBK dan Bagaimana Prosesnya, Ikuti Penjelasan Disini
Apa Itu ANBK dan Bagaimana Prosesnya, Ikuti Penjelasan Disini

KUPASONLINE. COM--Jadwal pelaksanaan ANBK 2022 untuk siswa SD, SMP, dan SMA/SMK tahun 2022 bakal dilaksanakan pada 1 Agustus 2022.Sebelum jadwal pelaksanaannya dimulai, tidak ada salahnya bagi para orang tua memahami pengertian ANBK 2022 dan tujuannya.

Pasalnya, hingga saat ini tidak sedikit masyarakat yang belum mengerti apa itu ANBK 2022 dan apa tujuan dari kegiatan tersebut.Sebagai informasi, ANBK adalah singkatan dari Asessmen Nasional Berbasis Komputer pengganti UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Pengertian ANBK adalah Evaluasi program yang diselenggarakan oleh Kemendikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di satuan pendidikan.ANBK diterapkan untuk satuan pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau SMK.

Dilansir PikiranRakyat-Depok-com dari anbk.kemdikbud.go.id, dalam pelaksanaannya, ANBK memuat 3 instrument penilaian yang masing-masing memiliki tujuan di dalamnya.Berikut penjelasan mengenai 3 instrumen penilaian yang ada dalam pelaksanaan ANBK beserta tujuannya.

1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) bertujuan untuk mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid.2. Survei Karakter untuk mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid.

3. Survei Lingkungan Belajar bertujuan untuk mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.Perlu diketahui, penilaian ANBK tidak digunakan untuk menentukan kelulusan siswa layaknya UNBK.

Sistem ANBK ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan memetakan sekaligus memantau mutu pendidikan di Indonesia dari waktu ke waktu.Demikian penjelasan mengenai pengertian dan tujuan ANBK berikut jadwal pelaksanaan untuk siswa SD, SMP, dan SMA tahun 2022

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini