Harga Pertalite Bakal Naik, Begini Cara Hemat Pemakaian BBM

×

Harga Pertalite Bakal Naik, Begini Cara Hemat Pemakaian BBM

Bagikan berita
Harga Pertalite Bakal Naik, Begini Cara Hemat Pemakaian BBM
Harga Pertalite Bakal Naik, Begini Cara Hemat Pemakaian BBM

KUPASONLINE. COM-- Harga BBM terus naik dan rencana pemerintah untuk membatasi BBM bersubsidi menuntut kita untuk hemat BBM.Salah satu caranya adalah dengan menerapkan teknik berkendara yang hemat bahan bakar

Menurut Dimitri Fitra, Direktur Toyota Gazoo Racing Indonesia, ada beberapa tips berkendara yang bisa diterapkan untuk menjaga konsumsi bahan bakar yang baik."Untuk transmisi manual, perpindahan gigi harus dilakukan pada putaran mesin antara 2000 dan 3000 rpm untuk mesin bensin," kata Dimitri.

Mengenai diesel dengan transmisi manual, ia menyarankan perpindahan gigi harus sekitar 1500-2000 rpm.Tips selanjutnya adalah mengerem secara perlahan dan menghindari pengereman mendadak.

"Ini untuk menjaga momentum mobil agar tidak berhenti total, jika kondisi lalu lintas masih macet," jelasnya.Dalam lalu lintas padat, ia merekomendasikan untuk menggunakan gigi 1 dalam lalu lintas padat dan menjaga kecepatan mesin tetap rendah.

"Semakin tinggi putaran mesin, semakin banyak bahan bakar yang digunakan," jelasnya.Di sisi lain, gunakan gigi tertinggi saat lalu lintas bergerak: "Pastikan putaran mesin stabil dan di bawah 3.000 rpm, jaga kecepatan tetap," katanya.

Tips selanjutnya adalah menjaga jarak dari mobil, "Jangan terlalu dekat atau terlalu jauh," kata Dimitri.Ini untuk menjaga agar kecepatan mobil tetap stabil, sehingga tidak perlu sering-sering menginjak pedal gas dan rem.

"Karena kalau kita deselerasi mau tidak mau harus akselerasi lagi, jadi mesin butuh bahan bakar lebih banyak untuk akselerasi," pungkasnya.

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini