Apa Itu Retinol? dan Manfaatnya untuk Kecantikan kulit

×

Apa Itu Retinol? dan Manfaatnya untuk Kecantikan kulit

Bagikan berita
Apa Itu Retinol? dan Manfaatnya untuk Kecantikan kulit
Apa Itu Retinol? dan Manfaatnya untuk Kecantikan kulit

4. Memudarkan bintik hitamPaparan sinar matahari berlebih bisa memberikan efek buruk bagi kulit wajah dan salah satunya adalah munculnya bintik hitam. Retinol diketahui dapat memudarkan bintik hitam dan memperbaiki kerusakan kulit akibat efek buruk sinar matahari.

Selain itu, manfaat retinol untuk kulit wajah juga dapat mengatasi melasma atau hiperpigmentasi kulit.5. Mencegah munculnya jerawat

Retinol mengandung agen komedolitik yang dapat mencegah pembentukan komedo atau jerawat di kulit wajah.Selain itu, retinol juga dapat merawat kulit berjerawat maupun bekas jerawat agar tidak semakin parah.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menggunakan RetinolMeski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah, retinol tak lepas dari efek samping.

Umumnya, orang yang menggunakan retinol akan merasakan efek samping berupa kulit kering dan iritasi, terutama jika baru pertama kali mencoba.Efek samping ini juga bisa terjadi, jika retinol digunakan bersamaan dengan bahan lain, seperti asam salisilat atau benzoyl peroxide.

Selain kulit kering dan iritasi, efek samping lain yang dapat muncul dari penggunaan retinol meliputi:Kulit kemerahan

PeradanganKulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari

GatalSebenarnya, efek samping ini bersifat sementara dan akan membaik dalam beberapa minggu setelah Anda terbiasa menggunakan retinol.

Namun, jika efek samping ini terjadi terus-menerus dan justru memperburuk kondisi kulit wajah, segera hentikan penggunaannya.Untuk mengurangi risiko efek samping, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat menggunakan retinol, di antaranya:

Gunakan retinol setidaknya 30 menit setelah mencuci mukaGunakan retinol sedikit demi sedikit sebanyak 2 kali seminggu untuk meningkatkan toleransi kulit wajah terhadap berbagai kandungan dalam retinol.

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini