Daftar Daerah Rawan Gempa Indonesia

×

Daftar Daerah Rawan Gempa Indonesia

Bagikan berita
Daftar Daerah Rawan Gempa Indonesia
Daftar Daerah Rawan Gempa Indonesia

KUPASONLINE.COM Gempa bumi adalah getaran yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi secara tiba-tiba dari dalam yang menghasilkan gelombang seismik.Indonesia adalah salah satu negara yang paling rawan gempa di dunia karena lokasinya di zona seismik aktif.

Namun, karena luasnya, tidak semua wilayah Indonesia rawan gempa.Gempa bumi biasanya disebabkan oleh pergerakan aktivitas di dalam kerak (lempeng).

Indonesia memiliki beberapa wilayah yang rawan gempa.Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral telah mengidentifikasi wilayah Indonesia yang rawan longsor, gempa bumi dan tsunami.

19 wilayah Indonesia terindikasi rawan terhadap terjadi gelombang tsunami.19 wilayah di Indonesia yang rawan terhadap terjadinya gelombang tsunami yaitu,

1.Nangroe Aceh Darussalam (P. Simeulue, Pantai Barat NAD (Lhok Nga, Calang, Meulaboh), Lhokseumawe)2. Sumatera Utara (Pulau Nias, Pantai Barat

3.Sumatera Utara (Singkil, Sibolga)4.Sumatera Barat (Kep. Mentawai, Pantai Barat

5.Sumatera Barat (termasuk Siri Sori)6. Bengkulu (Pulau Enggano, Pantai Barat Bengkulu (termasuk Kota Bengkulu dan Manna)

7.Lampung dan Banten (Pantai Selatan Lampung, Pantai Barat Banten)8.Jawa Barat Tengah Bagian Selatan (Pantai Selatan Jawa Barat - Tengah)

9. Jawa Timur Bagian Selatan (Pantai Selatan Jawa Timur)10. Bali (Pantai Selatan Bali)

11. Nusa Tenggara Barat (Pantai Selatan Lombok, Sumbawa , dan Pantai utara Bima)12.Nusa Tenggara Timur (Pantai Utara Flores, Pulau Babi, Pantai Utara P. Timor (Atapupu), dan Pantai Selatan Sumba)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini