Awas Cacar Monyet Sudah Masuk Indonesia

×

Awas Cacar Monyet Sudah Masuk Indonesia

Bagikan berita
Awas Cacar Monyet Sudah Masuk Indonesia
Awas Cacar Monyet Sudah Masuk Indonesia

KUPASONLINE.COM - Cacar monyet adalah penyakit yang dapat ditularkan dari orang ke orang, tetapi sumber utamanya adalah hewan pengerat dan primata yang terinfeksi, seperti tikus, monyet, atau tupai.Ahli epidemiologi Universitas Griffith Australia Dicky Budiman memprediksi Indonesia juga pernah mengalami kasus serupa.

Pasalnya, monkeypox cenderung dilaporkan pada kelompok pria yang berhubungan seks dengan pria dan pada orang biseksual.Morbiditas yang tinggi pada kedua kelompok sulit dideteksi karena sering tertutup.

Selain itu, terdapat stigma bahwa cacar monyet merupakan penyakit yang terjadi terutama pada kelompok gay dan biseksual.Hal ini membuat mereka enggan untuk melaporkan keluhan jika mereka terkena cacar monyet. Dicky mengatakan, Kamis (21/07/2022)

Saya cenderung memprediksi bahwa itu sudah ada di antara kita, terutama karena itu masih terjadi dalam kelompok yang relatif tertutup, kan, laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki.Bukan karena penyakit menular seksual tetapi karena kontak intim, kontak intim itu sangat berisiko, terutama seks anal….

Kemudian mereka juga menutup diri dan dengan stigma yang cukup kuat itu bisa luput dari perhatian," jelasnya.Dicky menyarankan pemerintah untuk menghubungi organisasi yang terkait dengan kedua kelompok tersebut, untuk mengedukasi mereka tentang bahaya cacar monyet.

Ini juga memberi mereka kemampuan untuk mengidentifikasi keluhan awal dan segera memberi tahu fasilitas medis terdekat.Dia juga meminta pemerintah untuk mengedukasi pemerintah untuk melihat bahwa cacar monyet tidak hanya terkait dengan kelompok tertentu seperti homoseksual dan biseksual, tetapi semua orang berisiko terkena.

Kita perlu memperbaiki situasi, tidak hanya pada kelompok penyakit ini, tetapi juga pada wanita, tetapi sekali lagi prevalensinya tinggi pada kelompok ini, jelasnya.Pemerintah daerah harus bermitra dengan LSM atau organisasi sosial atau LSM, yang dapat mendekati anggotanya untuk meningkatkan pengetahuan mereka tentang deteksi dini dan layanan medis kami harus diperbarui tentang cara menanganinya, kata Dicky sambil menekankan perlunya vaksin.

Kepulauan Batam, Riau yang berbatasan langsung dengan Singapura merupakan kawasan rawan konflik antara owa lokal dengan manusia.Masalah ini perlu mendapat perhatian pemerintah daerah. Monkeypox adalah infeksi virus yang ditandai dengan benjolan berisi nanah pada kulit.

Monkeypox atau cacar monyet pertama kali muncul di Republik Demokratik Kongo pada tahun 1970.Awalnya, monkeypox memiliki gejala yang mirip dengan cacar air, yaitu melepuh.

Seiring perkembangan penyakit, lepuh berubah menjadi nanah dan membentuk benjolan di leher, ketiak atau selangkangan karena pembesaran kelenjar getah bening.Cacar pada monyet adalah penyakit yang dapat ditularkan dari orang ke orang, tetapi sumber utamanya adalah hewan pengerat dan primata yang terinfeksi, seperti tikus, monyet, atau tupai.

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini