Waspada Penyebaran Cacar Monyet

×

Waspada Penyebaran Cacar Monyet

Bagikan berita
Waspada Penyebaran Cacar Monyet
Waspada Penyebaran Cacar Monyet

 KUPASONLINE.COM - Kasus cacar monyet terdeteksi di Amerika Serikat.

Kasus pertama kali penyakit virus cacar monyet pada balita dan warga non-AS di California.Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan kedua kasus tersebut kemungkinan disebabkan oleh penularan keluarga.

Deputi Direktur CDC dari Divisi Patologi dan Patogen Konsekuensi Tinggi, Dr Jennifer McQuiston mengakui tidak mengherankan bahwa kasus cacar monyet muncul pada anak-anak.Namun, sampai saat ini tidak ada bukti bahwa kita melihat virus ini menyebar di luar komunitas gay, biseksual dan laki-laki lain yang berhubungan seks, katanya.

Dia mengatakan 99% dari 2.891 kasus cacar monyet yang dikonfirmasi di Amerika Serikat melibatkan pria yang berhubungan seks dengan pria.Selain itu, sejumlah transgender perempuan dan laki-laki telah terinfeksi.

Sementara itu, Koordinator Tanggap Covid-19 Gedung Putih Dr Ashish Jha mengatakan pemerintah telah mengirimkan 300.000 dosis vaksin cacar monyet.Sekarang ada cukup vaksin untuk memberikan dosis pertama vaksin kepada lebih dari setengah populasi yang memenuhi syarat di New York dan lebih dari 70% populasi yang memenuhi syarat di Washington D.C.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus menyatakan cacar monyet sebagai darurat kesehatan global pada hari Sabtu.Ini adalah tingkat kewaspadaan tertinggi untuk penyakit yang ditetapkan oleh WHO.

Status cacar monyet sebagai "Keadaan Darurat Kesehatan Masyarakat yang Menjadi Perhatian Internasional (USPPI)" ditetapkan untuk mendorong respons internasional yang terkoordinasi dan untuk mendanai pembagian vaksin dan kolaborasi perawatan.Dia melanjutkan: Stigma dan diskriminasi bisa sama berbahayanya dengan virus apa pun.

Dia mengatakan bahaya cacar monyet di seluruh dunia sedang.Namun tingkat bahaya cacar monyet di Eropa menurut WHO sangat tinggi.

Tahun ini ada lebih dari 16.000 kasus cacar monyet di lebih dari 75 negara dan lima kematian di Afrika.Pakar kesehatan menyambut baik keputusan WHO ini, di mana status PHEIC telah ditetapkan untuk virus corona dan pandemi polio.

Amerika Serikat telah mengumumkan dua kasus pertama cacar monyet pada anak-anak.Pejabat kesehatan AS mengatakan kedua kasus saat ini dalam isolasi dan sedang dirawat secara aktif.

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini