Setelah Nirwasita Tantra, Kota Solok Terima Penghargaan Kota Layak Anak Peringkat Nindya

×

Setelah Nirwasita Tantra, Kota Solok Terima Penghargaan Kota Layak Anak Peringkat Nindya

Bagikan berita
Foto Setelah Nirwasita Tantra, Kota Solok Terima Penghargaan Kota Layak Anak Peringkat Nindya
Foto Setelah Nirwasita Tantra, Kota Solok Terima Penghargaan Kota Layak Anak Peringkat Nindya

Bogor, Kupasonline - Baru saja menerima Penghargaan Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup (LHK) Rabu (20/7/2022) di Jakarta, Kota Solok dibawah kepemimpinan Wali Kota Zul Elfian Umar dan Wakil Wali Kota Ramadhani Kirana Putra, menerima Penghargaan Kota Layak Anak Peringkat Nindya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).Penghargaan itu, diterima langsung oleh Wali Kota Zul Elfian Umar dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati. Pada acara Malam Penganugerahan Apresiasi Kab/Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2022, Jum'at (22/7) di Hotel Novotel Bogor Golf Resort and Convention Center, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Saat menerima Penghargaan itu, Wali Kota Zul Elfian Umar hadir dengan didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Solok Delfianto, Kabag Umum, Zulfadrim dan Pranata Humas Ahli Muda, Yopi Permana. Adapun Penghargaan KLA diberikan kepada daerah, yang mempunyai komitmen tinggi untuk mendukung pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak. Melalui proses evaluasi, yang dilakukan oleh Tim dari KemenPPPA, tim dari Kementerian/Lembaga dan Tim Independen.

Evaluasi, dilakukan untuk mengukur capaian kinerja pelaksanaan 24 indikator, yang telah ditetapkan. Penghargaan KLA sendiri, terdiri dari 5 peringkat, yaitu: Pratama, Madya, Nindya, Utama dan KLA.Menteri Pemberdayaan Perempuaan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan, KLA merupakan sistem pembangunan berbasis hak anak. Yang dilakukan melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, media dan dunia usaha.

Hal tersebut kata I Gusti Ayu Bintang Darmawati, dilakukan dengan terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan. " Dalam bentuk kebijakan, program dan kegiatan, yang bertujuan menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak" tuturnya.

Sedangkan Wali Kota Solok Zul Elfian Umar, pada kesempatan itu mengatakan bahwa, dengan penghargaan Kota Layak Anak Peringkat Nindya yang diterima ini, meningkat dari sebelumnya peringkat Madya, Dan ini ujar Wali Kota Zul Elfian Umar, membuktikan bahwa terjadi peningkatan penguatan seluruh stakeholders Kota Solok, dalam memenuhi hak dan melindungi anak-anak.

Wali Kota Zul Elfian Umar mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya, kepada semua pihak yang bersinergi. Khususnya, kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak, sebagai garda terdepan dalam pelaksanaan program dan kegiatan perlindungan anak. Wali Kota Zul Elfian Umar juga menekankan agar, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (POD) , Lembaga Masyarakat, Dunia Usaha dan Media Massa, berkolaborasi kuat, agar pada tahun 2023 Kota Solok harus meraih Penghargaan tingkat Utama.

" Atau bahkan Kategori Kota Layak Anak " pungkasnya.* (rjy).

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini