KUNCI JAWABAN Tema 1 Kelas 6 Sub Tema 1

×

KUNCI JAWABAN Tema 1 Kelas 6 Sub Tema 1

Bagikan berita
KUNCI JAWABAN Tema 1 Kelas 6 Sub Tema 1
KUNCI JAWABAN Tema 1 Kelas 6 Sub Tema 1

4.Dalam menemukan faktau ataupun informasi yang termuat dalam paragraf, maka kita memakai aspek penggalian informasi dengan membuat sejumlah kalimat tanya memakai kata tanya ADIKSIMBA (A).5.Simpulan adalah pendapat (D) akhir pada sebuah uraian panjang teks atau bacaan.

6.Suatu laporan hasil pengamatan harus dibuat dengan berdasar pada fakta (D) yang ada.» Pembahasan

Agar lebih yakin dengan jawaban-jawaban di atas, mari kita analisis satu per satu berikut ini:Jawaban yang benar adalah C karena sesuai namanya yakni laporan HASIL pengamatan maka sudah tentu laporan harus disusun setelah kita selesai mengamati atau mengobservasi. Jawaban A, B dan D salah.

Susunan dari isi teks laporan hasil pengamatan adalah dimulai dari informasi yang bersifat umum kemudian pemaparan fakta-fakta yang ditemui pada pengamatan lalu pengambilan kesimpulan atas fakta-fakta yang dijumpai. Dengan demikian maka jawaban yang benar adalah A.Jika hendak menentukan ide pokok, maka yang paling awal kita lakukan adalah menemukan kalimat utama dan kalimat penjelas. Mengapa demikian? Karena kalau kita sudah menemukan kalimat utama dan penjelas maka kita cukup mencermati kalimat utama dan menyimpulkan ide pokoknya. Ide pokok sendiri letaknya di kalimat utama.

Pokok-pokok informasi selalu menjawab semua kata tanya yang terhimpun dalam ADIKSIMBA atau 5W1H yakni apa, di mana, kapan, siapa, mengapa dan terakhir adalah bagaimana.Simpulan pada dasarnya adalah pendapat akhir dari suatu uraian yang panjang dalam kalimat tersendiri. Simpulan diperoleh dengan mencermati kata kunci, gagasan pokok, kalimat penjelas dan utama.

Laporan hasil pengamatan harus dibuat berdasarkan fakta yang sudah terukur kebenarannya lewat observasi atau pengamatan dan bukan dari pengalaman semata apalagi hanya cerita dan rencana.

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini