23 juli sebagai hari anak nasional

×

23 juli sebagai hari anak nasional

Bagikan berita
23 juli sebagai hari anak nasional
23 juli sebagai hari anak nasional

KUPASONLINE. COM--Setiap tahunnya Indonesia memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli.Peringatan Hari Anak Nasional (HAN), sebagai  momentum penggugah kepedulian dan partisipasi bangsa dalam menjamin pemenuhan hak anak. Tahun ini, di tengah pandemi Covid-19 yang masih dirasakan dampaknya, HAN mengambil tema Anak Terlindungi, Indonesia Maju.

Makna dari Logo HAN 2022 memperlihatkan tiga anak, salah satunya penyandang disablitas, yang memegang bendera merah putih dengan latar belakang warna merah dan putih. Di bagian bawah tertulis tema HAN 2022 Anak Terlindungi, Indonesia Maju.Logo ini memiliki filosofi:

1. 3 anak yang memegang bendera merah putihSetiap anak termasuk anak disabilitas memiliki impian (cita-cita) yang dapat diraih dengan doa,

semangat dan dukungan keluarga. Anak sebagai generasi penerus bangsa, perlu didukung dandilindungi, agar tumbuh sebagai manusia dewasa yang berjiwa Pancasila di bawah naungan

sangsaka merah putih.2. Warna Merah dan Putih

Menjadi kebersamaan dan nasionalisme anak anak Indonesia untuk tetap kreatif dan bersemangattetap saling mendukung dalam melewati masa sulit.

3. Garis berwarna abuSituasi pasca pandemi Covid-19, yang berdampak pada dunia anak dengan perubahan pola

hidup, tetap harus diupayakan terpenuhi haknya, bergembira dan penuh kreativitas, dalamperlindungan keluarga

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan bahwa tema Anak Terlindungi, Indonesia Maju diambil sebagai motivasi bahwa pandemi tidak menjadi penghalang untuk tetap melaksanakan HAN.Selain itu tema ini juga ditujukan untuk mendorong langsung berbagai pihak untuk memberikan kepedulian langsung di tengah-tengah masyarakat untuk memastikan anak-anak Indonesia tetap tangguh menghadapi berbagai tantangan dalam pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak pada pasca pandemi Covid-19.

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini