Resep Membuat Martabak Mesir Enak Poll!

×

Resep Membuat Martabak Mesir Enak Poll!

Bagikan berita
Resep Membuat Martabak Mesir Enak Poll!
Resep Membuat Martabak Mesir Enak Poll!

KUPASONLINE.COM Martabak mesir atau martabak kubang adalah kudapan yang terbuat dari adonan tepung yang berisi telur, daging berbumbu (utamanya rendang daging sapi yang sudah dicincang), dan daun bawang serta disajikan bersama kuah cuka dan berasal dari Nagari Kubang, sebuah nagari di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat.Masyarakat di luar Sumatra Barat, lebih sering menyebutnya sebagai Martabak Kubang.

Adapula yang menyebutnya sebagai Martabak Padang, karena masyarakat non Minangkabau lebih mengenal etnis penjualnya sebagai Orang Padang.Sepintas martabak mesir dan martabak telur akan terlihat sama, begitupun asal muasal yang juga sama yaitu dari makanan Arab dan India.

Namun, perbedaan tempat saat pertama kali diperkenalkan membuatnya berkembang menjadi sedikit berbeda.Martabak yang diperkenalkan di Sumatra Barat berkembang menjadi Martabak Mesir, sedangkan martabak yang diperkenalkan di Jawa Tengah berkembang menjadi Martabak Telur.

Perbedaan lainnya yaitu dari bahan yang digunakan.Untuk isiannya, keduanya memakai daun bawang, telur, dan daging giling.

Telurnya bisa pilih antara telur ayam dan telur bebek, sedangkan dagingnya bisa pakai daging giling ayam atau sapi.Untuk bumbu daging martabak telur umumnya lebih sederhana, yakni bawang bombay, bawang putih, dan garam-merica secukupnya.

Sedangkan bumbu daging martabak mesir adalah bawang merah, bawang putih, pala, lengkuas, jahe, jintan, bunga lawang, daun atau bubuk kari, daun salam, dan bahkan santan, menyerupai Rendang.Selain membeli, untuk menikmati martabak mesir ini kita juga bisa membuat sendiri di rumah lho.

Cara membuat martabak mesir tidak sesulit yang dibayangkan kok, penasaran ingin mencoba membuatnya?Berikut ini ada rekomendasi resep martabak mesir sederhana yang nikmat dan tidak ribet. Simak yuk!

Bahan Resep:bahan kulit:

300 gram tepung terigu protein tinggi1 sdt garam

2 sdm minyak goreng1 sdt mentega

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini