Pemko Solok Terima Penghargaan Nirwasita Tantra 2021 Dari Kementerian LHK

×

Pemko Solok Terima Penghargaan Nirwasita Tantra 2021 Dari Kementerian LHK

Bagikan berita
Foto Pemko Solok Terima Penghargaan Nirwasita Tantra 2021 Dari Kementerian LHK
Foto Pemko Solok Terima Penghargaan Nirwasita Tantra 2021 Dari Kementerian LHK

KUPASONLINE.COM - Pemerintah Kota Solok menerima penghargaan Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, karena dinilai berhasil dalam merumuskan kebijakan terkait penyelamatan lingkungan. Anugerah Nirwasita Tantra Tahun 2021 itu, diterima langsung oleh Wali Kota Solok H.Zul Elfian Umar, SH, dari Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr.Alue Dohong, di Auditorium Gedung Manggala Wana Bakti di Jakarta, Rabu (20/7/2022).

Pada kegiatan di Kementerian LHK itu, Wali Kota Zul Elfian Umar didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Zulkifli,SP, dan Jajaran, Kepala Bagian Umum Zulfadrim,SS,M.Sc dan Pranata Humas Ahli Muda Yopi Permana,S.STP,M.Si. Hasil penilaian dari Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD), Pemerintah Kota Solok menerima Penghargaan Nirwasita Tantra untuk Kategori Kota Kecil, bersama Kota Bukittingi, Kota Payakumbuh, Kota Padang Panjang dan Kota Magelang.

Nirwasita Tantra merupakan, penghargaan dari Pemerintah yang diberikan kepada Kepala Daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan dan/atau program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan. Guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya. Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Alue Dohong pada kesempatan itu menyebutkan, penghargaan ini merupakan penghargaan rutin yang diberikan setiap tahunnya. Sebagai motivasi bagi Pemerintah Daerah, dalam mengambil kebijakan-kebijakan yang dapat menjaga keberlangsungan lingkungan hidup.

Penghargaan ini katanya, sekaligus jawaban atas siapa pemimpin yang bisa menjadi Pelopor, yang mampu menjaga lingkungan, menjawab segala permasalahan lingkungan hidup dengan solusi yang tepat." Berdasarkan ketentuan hukum, yang dipadukan dengan kearifan lokal, serta sinergi dengan peningkatan kesejahteraan masyarakatnya pungkasnya.

Atas Anugerah itu, Wali Kota Solok Zul Elfian Umar mengatakan, Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas eksistensi Pemerintah Daerah, dalam melaksanakan pembangunan yang hijau dan berwawasan lingkungan.Dan sampai kapanpun ucap Zul Elfian Umar, pemerintah daerah tetap akan menjaga komitmen ini,

Sehingga dimasa yang akan datang kata Zul Elfian Umar, Kota Solok akan menjadi kota dengan ekosistem ramah lingkungan. Dan sebaliknya, lingkungan yang mampu memberikan dampak positif pada segala aspek kehidupan masyarakatnya. Penghargaan ini ujar Wali Kota Zul Elfian Umar, tentunya juga menjadi semangat baru lagi bagi kami bersama jajaran, agar selalu berinovasi dan bekerja lebih baik lagi kedepannya.

" Dan tentunya, ini semua tidak terlepas atas dukungan DPRD dan masyarakat Kota Solok " ucap Wali Kota Zul Elfian Umar.* (rjy).

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini