Kelompok Perikanan Sawahlunto Dibantu Pemerintah Kota dengan Bibit Ikan

×

Kelompok Perikanan Sawahlunto Dibantu Pemerintah Kota dengan Bibit Ikan

Bagikan berita
Kelompok Perikanan Sawahlunto Dibantu Pemerintah Kota dengan Bibit Ikan
Kelompok Perikanan Sawahlunto Dibantu Pemerintah Kota dengan Bibit Ikan

Walikota Sawahlunto, Deri Asta, saat memberikan bantuan bibit ikan kepada kelompok petani ikan.


Sawahlunto, Kupasonline--Walikota Sawahlunto Deri Asta bersama Ketua TP - PKK Kota Sawahlunto, Ny. Meivyta Deri Asta, ikut serta dalam kegiatan panen dan penyerahan benih ikan untuk Kelompok Perikanan Kelompok Multikarya di Dusun Balai Tangah, Desa Pasar Kubang, Kecamatan Lembah Segar, pada Sabtu, 10 Juli 2021 kemarin. Pemko Sawahlunto selain memberikan bantuan benih ikan dan pendampingan oleh penyuluh perikanan, juga menawarkan bantuan pengembangan usaha perikanan melalui pinjaman dari UPTD Dana Bergulir.

Kelompok Perikanan Multikarya mengelola 5 kolam berisi ikan lele. Kepada Wali Kota Deri Asta, rombongan mengaku kendala yang dihadapi adalah mahalnya biaya pakan ikan.

Karena itu, seperti disampaikan ketua kelompok, Very Arianto, pihaknya berencana membuat pakan ikan sendiri. Namun, untuk mewujudkannya dibutuhkan modal yang besar.

Memang biaya produksi terbesar ada di biaya pakan. Jadi kami ingin menyiasatinya dengan membuat pakan sendiri. Tapi tidak bisa dilaksanakan karena tidak cukup modal, kata Very Arianto.

Menanggapi permasalahan Kelompok Perikanan Kelompok Multikarya, Walikota Deri Asta menawarkan beberapa solusi. Antara lain melalui pinjaman dari UPTD Dana Bergulir.

Coba hitung hitung dulu nilai ekonomi dari hasil panen ikan ini. Nanti perhitungan itu menjadi dasar dan pertimbangan untuk pengajuan ke UPTD Dana Bergulir, kata Walikota Deri Asta.

Sementara itu, Ketua TP - PKK Kota Sawahlunto yang juga Ketua Forum Cinta Makan Ikan (FORIKAN) Kota Sawahlunto, Ny. Meivyta Deri Asta, menyatakan akan segera berkoordinasi dengan jajarannya di PKK dan FORIKAN untuk membuat produk olahan dari ikan yang dipanen dari kolam Multikarya Group. Sehingga dengan berbagai produk olahan tersebut meningkatkan jangkauan pemasaran dan harga jual.

Ikan-ikan dari sini bahan baku, potensi kita besar, bisa kita olah menjadi berbagai produk pangan. Ini akan segera kita kaji dan tindak lanjuti, bersinergi dengan PKK dan FORIKAN. Agar ikan ini menjadi lebih menarik bagi masyarakat. dikonsumsi masyarakat, yang tentunya berdampak pada kesejahteraan para pembudidaya ikan kita, ujar Ibu Meivyta Deri Asta. (shb)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini