Tokoh PGAI, H. Abdullah Ahmad Bakal Diusulkan jadi Pahlawan Nasional

×

Tokoh PGAI, H. Abdullah Ahmad Bakal Diusulkan jadi Pahlawan Nasional

Bagikan berita
Tokoh  PGAI, H. Abdullah Ahmad Bakal Diusulkan jadi Pahlawan Nasional
Tokoh PGAI, H. Abdullah Ahmad Bakal Diusulkan jadi Pahlawan Nasional

"Perjuangannya dapat dilihat dengan kasat mata. Melakukan dari bawah, merintis lembaga pendidikan untuk rakyat,"kata Guspardi yang juga Dewan Pertimbangan PB PGAI Sumbar itu.

Katanya, jangan bayangkan mendirikan lembaga pendidikan Agama Islam saat ini. Namun, almarhum mendirikan lembaga pendidikan pada masa penjajahan Belanda.

Dukungan juga datang dari Mayjen TNI Dr. Syamsu Djalal. Dikatakannya, perjuangan H. Abdullah Ahmad harus dilanjutkan.

"Marilah kita melanjutkan jihad dari beliau. Beliau berjihad, dalam keadaan terjajah. Berjuang untuk Agama Islam. Mari kita besarkan PGAI menjadi lembaga pendidikan yang lebih maju,"harapnya.

Selain itu, terkait perbedaan pendapat dalam internal PGAI menurutnya jangan terus berlanjut. Semuanya harus bersatu untuk membesarkan PGAI.

"Saya besar di Panti Asuhan PGAI, untuk itu saya sangat peduli dengan PGAI. Perjuangan ini harus dilanjutkan,"katanya.

Dalam rangka 101 tahun PGAI Sumbar, sejumlah pengurus melakukan tabur bunga di makam KH Abdullah Achmad di Seberang Palinggam, Kota Padang

Diketahui, Dr. H. Abdoellah Ahmad (lahir di Padang Panjang, 1878 meninggal di Kampung Jati, Padang, 2 November 1933 pada umur 55 tahun) adalah seorang ulama reformis yang turut membidani lahirnya perguruan Sumatra Thawalib di Sumatra Barat. 

Ia merupakan anak dari Haji Ahmad, ulama Minangkabau yang juga seorang pedagang, dan seorang ibu yang berasal dari Bengkulu. Bersama Abdul Karim Amrullah, ia menjadi orang Indonesia terawal yang memperoleh gelar doktor kehormatan dari Universitas Al-Azhar, di Kairo, Mesir.

Sebelum mendirikan PGAI, Abdulah Ahmad lebih dulu mendirikan YSO Adabiah. Dua lembaga tersebut sudah melahirkan sejumlah lembaga pendidikan lainnya. Seperti IAIN Imam Bonjol juga lahir dari PGAI. (*/tin)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini