Tokoh PGAI, H. Abdullah Ahmad Bakal Diusulkan jadi Pahlawan Nasional

×

Tokoh PGAI, H. Abdullah Ahmad Bakal Diusulkan jadi Pahlawan Nasional

Bagikan berita
Tokoh  PGAI, H. Abdullah Ahmad Bakal Diusulkan jadi Pahlawan Nasional
Tokoh PGAI, H. Abdullah Ahmad Bakal Diusulkan jadi Pahlawan Nasional

 

Ketua pengurus besar PGAI, Fauzi Bahar sedang melakukan tabur bunga di makam H. Abdullah Ahmad di Seberang Palinggam, Padang

Padang, Kupasonline--Yayasan Persatuan Guru Agama Indonesia (PGAI) akan mengusulkan H. Abdullah Ahmad menjadi pahlawan nasional. Pengusulan tersebut merujuk pada hasil perjuangannya mendirikan lembaga pendidikan yang mencerdaskan anak bangsa.

"Kita harus upayakan menjadi pahlawan nasional. Semuanya kriterianya sudah terpenuhi. Penghargaan itu layak diperoleh beliau, karena berkat perjuangannya banyak anak bangsa mendapatkan pendidikan,"sebut Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Agama Indonesia (PGAI), Fauzi Bahar saat menggelar tabur bunga ke makan H. Abdullah Ahmad, Minggu (25/7) di kawasan Seberang Palinggam.

Dikatakannya, semua kriteria untuk menjadikan pendiri Yayasan PGAI Sumbar dan Yayasan Syarikat Oesaha (YSO) Adabiah  tersebut pahlawan nasional sudah terpenuhi. Untuk itu, upaya tersebut tinggal mempersiapkan syarat-sayaratnya.

Menurutnya, bukti sejarah perjuanga H. Abdullah Ahmad masih dirasakan masyarakat hingga saat ini. Salah satunya Yayasan PGAI di Jalan Perintis Jati Padang. Disana masih ada SMA, Panti Asuhan dan sejumlah lembaga pendidikan lainnya.

Disisi lain, YSO Adabiah juga sudah banyak memberikan manfaatkan bagi pendidikan masyarakat Sumbar. Hingga ini YSO Adabiah juga sudah memiliki lembaga pendidikan berbagai tingkatan.

"Sekarang nama jalan atas nama H. Abdullah Ahmad sudah ada, bukunya sudah ada. Jejak karyanya sangat nyata dan masih dirasakan saat ini. Untuk itu kita akan kumpulkan semua data-data beliau secara personal, kita seminarkan, segera kita usulkan menjadi pahlawan nasional,"katanya.

Menurutnya, mendirikan dua lembaga pendidikan Islam pada masa penjajahan adalah sebuah perjuangan besar. Apalagi saat Adabiah dan PGAI didirikan di tengah-tengah Kota Padang yang langsung menjadi perhatian pemerintah Belanda.

"Didirikan saat penjajahan, yang bukan Islam. Tapi beliau berhasil membesarkannya,"pungkasnya.

Rencana tersebut mendapatkan dukungan dari Anggota DPR RI, Guspardi Gaus. Guspardi yang merupakan alumni PGAI menilai sudah tepat H Abddullah Ahmad mendapatkan gelar pahlawan nasional.

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini