Yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil dan Menyusui Selama Isoman

×

Yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil dan Menyusui Selama Isoman

Bagikan berita
Yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil dan Menyusui Selama Isoman
Yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil dan Menyusui Selama Isoman

2. Tetap konsumsi makanan dengan gizi seimbang

Konsumsi makanan harus bagus baik pada ibu hamil maupun menyusui. Vitamin-vitamin yang dikonsumsi selama kehamilan bisa tetap dikonsumsi. Boy mengatakan pasien isoman biasanya akan memperoleh obat dan vitamin dari Kemenkes. Ibu tidak perlu khawatir karena obat tidak menimbulkan efek samping dan aman buat janin.

3. Jaga asupan cairan

Boy menekankan pentingnya kecukupan cairan terutama pada ibu hamil dan menyusui. Konsumsi cairan paling tidak 3 liter atau setara dengan 12 gelas air (per gelas 250 mililiter).

Cairan ini akan memberikan banyak manfaat antara lain, menjaga tubuh dari dehidrasi, memudahkan penyerapan nutrisi, menjaga metabolisme, menjaga fungsi tubuh tetap normal termasuk sistem imun tubuh. Kemudian pada ibu menyusui, konsumsi cairan akan menggantikan cairan tubuh yang hilang selama menyusui.

"Tubuh kita kan 70-80 persen cairan. Tubuh akan kerja optimal kalau sel-sel tubuh terjaga jadi metabolisme bagus, imun bagus, otak bisa berpikir, jantung bisa kerja, ginjal jga, semua perlu cairan. Kalau kurang fungsi ini menurun," jelasnya.

4. Aktivitas positif dan menyenangkan

Stres, cemas yang tidak terkendali bakal mengganggu daya tahan tubuh. Apalagi pada ibu hamil dan menyusui, kekhawatiran ini berpusat pada anak. Ada kekhawatiran anak bakal tertular, kondisi nanti saat persalinan dan segala jenis pikiran negatif.

"Coba lakukan aktivitas yang sifatnya positif dan membahagiakan. Ajak ngobrol bayinya. Tutup mata dan telinga terhadap berita negatif supaya daya tahan tubuh tetap bagus," kata Boy.

5. Olahraga ringan

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini