Bimbingan dan Pengembangan, BPS dan Diskominfo Kunjungi Desa Kapalo Koto di dalam Dibalai

×

Bimbingan dan Pengembangan, BPS dan Diskominfo Kunjungi Desa Kapalo Koto di dalam Dibalai

Bagikan berita
Bimbingan dan Pengembangan, BPS dan Diskominfo Kunjungi Desa Kapalo Koto di dalam Dibalai
Bimbingan dan Pengembangan, BPS dan Diskominfo Kunjungi Desa Kapalo Koto di dalam Dibalai


 Payakumbuh, Kupasonline.com Setelah sebelumnya diusulkan dan dicanangkan untuk Kecamatan Tigo Koto Diate dan Kapalo Koto Dibalai, Kecamatan Payakumbuh Utara menjadi desa statistik, Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan pembinaan dan bantuan kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh.  Dinas Penerangan (Diskominfo) di kelurahan yang telah ditunjuk.

  Pengarahan dan bantuan yang dilakukan melalui BPS bersama Diskominfo terjadi di lingkungan Desa Kapalo Koto Dibalai, yang dihadiri oleh pimpinan BPS Kota Payakumbuh Desi Febriyanti, Kabag Humas Diskominfo Aulia Fajrin, puncak Statistik Bisma  dan kepala desa bersama perangkat desa Kapalo Koto Dibalai.

  Di awal pemberangkatannya dalam pendampingan dan pembinaan, Kepala BPS Desi Febriyanti mengatakan, alasan terjun langsung ke lapangan adalah untuk memberlakukan statistik pada penyediaan informasi statistik dari kelurahan melalui informasi induk Kota Payakumbuh.  Layanan Komunikasi dan Informatika.

  Desi menambahkan, Desa Kapalo Koto Dibalai berubah menjadi desa kedua setelah Tigo Koto Diate ditunjuk sebagai uji coba desa statistik tahun 2020.

  Dan jika perangkat lunak desa statistik berjalan lancar, sesuai dengan Desi, kota metropolitan Payakumbuh akan memiliki literasi yang jauh lebih tinggi daripada daerah lain.  Dan dengan memanfaatkan fakta tersebut, maka perkembangan pembangunan di Sumbar, khususnya di Kota Payakumbuh, dapat lebih terukur dan dapat menghasilkan hal-hal yang nyata bagi kesejahteraan masyarakat, tegas Desi, Rabu (  25/8).

  Sementara itu, Kabag Humas, Aulia Fajrin, menyatakan karena fakta bapak atau ibu, Diskominfo melalui segmen Statistik dalam subjek anggota keluarga masyarakat akan terus berperan dalam pencapaian satu informasi.

  Menurut Kabag Humas, selain bantuan Diskominfo, pihaknya juga membantu penyediaan infrastruktur dan jaringan untuk membantu software ini, antara lain melalui penguatan akses masuk ke jaringan, bimbingan teknis dan berbagai olahraga yang pasti.  untuk menjadikan software ini sebuah prestasi, ujar Fajrin, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Desa Tiakar.

  Lebih lanjut, Fajrin berharap dengan dibentuknya kelurahan statistik ini, dalam mencapai tujuan 1 informasi dapat segera diketahui kota Payakumbuh.

  Kemudian Fajrin juga tidak lupa menyebutkan bahwa tujuan akhir dari aplikasi ini adalah agar kota Payakumbuh memiliki informasi primer dari setiap kelurahan, agar fakta-fakta yang dimiliki akurat, istimewa dan lancar untuk diberlakukan dan terarah.  dapat diterima dan diakses melalui sarana semua, ujarnya.

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini