16 Wartawan Pesisir Selatan Lulus UKW, Sekda : Ini adalah Aset

×

16 Wartawan Pesisir Selatan Lulus UKW, Sekda : Ini adalah Aset

Bagikan berita
16 Wartawan Pesisir Selatan Lulus UKW, Sekda : Ini adalah Aset
16 Wartawan Pesisir Selatan Lulus UKW, Sekda : Ini adalah Aset


Kupas Online, Pesisir Selatan - Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat resmi ditutup, Selasa, 27/8/2019. Dari 18 peserta UKW jenjang muda, dua orang dinyatakan belum kompeten.

Ketua Tim Penguji, Wawan Djuwarna mengatakan peserta UKW diuji dengan 10 mata uji untuk menilai kompetensi wartawan.

Peserta UKW diuji bagaimana mewawancarai narasumber baik melalui tatap muka, wawancara door stop hingga menilai berita yang layak, menyunting berita, termasuk uji jejaring dengan menelpon narasumber didepan tim penguji.

Selain itu, ada materi uji baru, yaitu tentang pemahaman kode etik jurnalistik, UU Pers No 40 tahun 1999 dan pedoman pemberitaan ramah anak (PPRA).

Alhasil, dari kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari di Gedung Painan Convention Center (PCC) itu memberi semangat baru bagi wartawan Pesisir Selatan untuk terus meningkatkan kualitas.

Wawan juga memotivasi bagi dua orang peserta UKW yang belum dinyatakan kompeten. "bukan tidak lulus ya, tapi belum kompeten, jangan patah semangat, kalau ada UKW dikemudian hari, ikut lagi"ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Persatuan Wartawan Indonesia  (PWI) Sumatera Barat, Heranof Firdaus.

Sebutnya, hal itu biasa saja. Bahkan para senior level pemimpin redaksi banyak juga yang belum kompeten dalam UKW.

Katanya, peserta UKW yang belum kompeten bukan berarti kiamat. Intinya, jangan patah semangat dan teruslah berkarya menghasilkan karya sesuai dengan kode etik jurnalistik (KEJ).

Sementara Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni yang diwakili Sekretaris Daerah, Erizon, dalam penutupan kegiatan menyampaikan agar wartawan tetap menjaga integritas. Kemudian profesional serta memberikan kontribusi positif bagi pembagunan daerah sejuta pesona itu.

"Rekan-rekan semua adalah aset. Jadilah wartawan yang profesional dan berintegritas"pintanya.

Pada penutupan dihadiri Kepala Dinas Kominfo Pessel, Junaidi, Kabag Hukum Sabrul Bayang, Kabag Humas Rinaldi dan pejabat lainnya.

UKW tersebut dibuka oleh Bupati Pessel, Hendra Jhoni, Senin (26/8) di Painan Convention Center (PCC). Ia berharap wartawan di daerah itu tetap konsisten dalam menjalankan profesi. Karena wartawan adalah profesi mulia dan sangat dibutuhkan negara (niko).

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini