Lanal Surfing Competition Mentawai 2019 Resmi Ditutup, Championship Roni Putra Siberut

×

Lanal Surfing Competition Mentawai 2019 Resmi Ditutup, Championship Roni Putra Siberut

Bagikan berita
Lanal Surfing Competition Mentawai 2019 Resmi Ditutup,  Championship Roni Putra Siberut
Lanal Surfing Competition Mentawai 2019 Resmi Ditutup, Championship Roni Putra Siberut


Foto : Acara Penutupan Peserta Lanal Surfing Mentawai Competition. Sabtu,(28/09/2019)


Mentawai.  Kupasonline.com-
Lanal Surfing  Mentawai Competition 2019 resmi ditutup Danlanal Mentawai  Letkol Laut Anis Munandar di Pelabuhan Tuapejat, Desa Tuapejat,Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Sabtu,(28/09/2019).

Pada kata sambutannya Anis Munandar menyebutkan terima kasih  kepada semua Unsur dan komunitas peserta Lomba Surfing Competition  yang turut mensukseskan acara ini.

"Dimana perlombaan surfing ini kita adakan bertujuan Untuk mencetak bibit-bibit olahraga surfing bagi anak-anak kita khususnya  di kepulauan Mentawai, dan serta seiring menyambut HUT TNI  5 Oktober 2019  mendatang dan
HUT Kabupaten kepulauan Mentawai 4 Oktober 2019.," sebut anis munandar.

Selanjutnya,  Harry Algamar Ketua Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) Propinsi Sumatera Barat mengatakan kepada wartawan,
Kontes Surfing  ini diselenggarakan selama 5 hari pada 24 hingga 29 September 2019 yang diikuti oleh sebanyak 60 peserta dari lokal, Nasional dan Mancanegara.

Acara tersebut diadakan pada 3 titik lokasi yakni di lepas pantai dusun Mapaddegat ombak Telescope, dilepas pantai kampung pulau Makakang ombak Tikus dan di lepas pantai dusun Jati pulau Awera ombak Island, Desa Tuapejat, kecamatan Sipora utara.

Perolehan hasil pemenang di 3 kelas yaitu Kelas Perempuan Juara 1, Sarah Danke, Juara 2, Nidar dan Juara 3 Riris Tonang. Seterusnya Kelas Anak Juara 1, Agung Daputra, Juara 2, Jhosua, Juara 3, Dylan dan peringkat 4, Rahmat Berok.

Selanjutnya kelas terbuka juara 1, Robot, Juara 2, Doni Partop, Juara 3, Elli dan peringkat 4, Adit.

"Kita sangat apresiasi Bapak Danlanal Mentawai, Anis Munandar yang telah mengagas acara ini," ungkapnya.

Menurutnya, Ivent sejenis hendaknya terus diselenggarakan untuk memunculkan bibit unggul para Surfer terbaik di Mentawai. Pihaknya akan menjembati Surfer tebaik itu untuk mewakili kabupaten, Provinsi dan Negara.

"Perlu diingat Kompetisi surfing sangat tergantung pada kondisi ombak di wilayah diadakannya Ivent. Apalagi Mentawai ini sangat banyak sekali pilihan ombak.

Harry Algamar mengakui ketiga lokasi titik ombak itu merupakan lokasi ombak yang berkelas dunia. Pasalnya telah banyak didatang oleh para Surfer Dunia.

"Pada tahun 1999, saat saya masih bekerja di kapal pesiar saya melihat ketika berkeliling di Mentawai bahwa hampir semua ombak di Mentawai Word Class," imbuhnya.

Ia berharap peranan pemerintah melalui Instansi terkait baik Dinas Pariwisata dan Pemuda dan Olahraga dan Komite Olahraga Nasional Indonesia agar mendukung Atlit Surfing di masing-masing daerah. Karena apabila tidak ada dukungan Pemerintah Atlit tersebut akan sulit untuk meraih cita-citanya dalam berkompetisi.

Olahraga Surfing merupakan salah satu cara menghindari pemuda dari kenakalan remaja, Narkotika dan sebagainya.

"Pemenang ini akan menjadi catatan di setiap Kualifikasi baik Lokal, Nasional maupun Internasional. Jadi apabila Pemenang selalu mengikuti Kualifikasi di setiap tingkatan dan itulah prestasi bagi mereka.

Kemudian dikatakanya Pemerintah agar menjembati Potensi para Surfer yang sangat luar biasa. Apabila ini tidak dijembatani berarti sama saja mengubur mimpi-mimpi para atlit Surfing Indonesia.

"Harapan kita dengan sering diselenggarakan Ivent ini maka keterampilan para Surfer kita ini akan semakin terarah. Karena kita tidak kalah dengan para Surfer Mancanegara. Hanya saja kita kurang dukungan dan Fasilitas itu," tutupnya.

Sementara itu, Roni alias Robot mengakui sangat senang dan beruntung telah mendapatkan Juara 1 pada kelas Open (Terbuka).

"Saya sangat senang dan beruntung sekali telah mendapatkan Juara 1 ini," ujar Roni.

Menurutnya dari ketiga Lokasi titik Ombak itu, Ombak yang paling ia suka adalah Ombak Telescope. Pasalnya ombak Telescope cocok dan sempurna baginya.

"Untuk Kompetisi di Aceh nanti kita berupaya tampil dengan baik sekaigus membawa harum  nama Mentawai. Kalah dan Menang urusan nanti yang penting kita harus tampil," ucapnya. (ash)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini