Pemkab Pasbar Bakal Gelar Maapam 2020

×

Pemkab Pasbar Bakal Gelar Maapam 2020

Bagikan berita
Pemkab Pasbar Bakal Gelar Maapam 2020
Pemkab Pasbar Bakal Gelar Maapam 2020

Rapat Maapam dipimpin langsung oleh Asisten Bagian Administrasi  Raf'an
Pasaman Barat, Kupasonline--  Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat Akan menggelar Pasaman Barat Maapam 2020. Hal tersebut disampaikan dalam Rapat yang berlangsung pada Rabu, (4/3) di Audiotorium kantor Bupati Pasaman Barat. Tradisi Maapam ini merupakan acara yang digagas oleh Ketua TP PKK Pasbar Sifrowati Yulianto.

Rapat Maapam dipimpin langsung oleh Asisten Bagian Administrasi  Raf'an, dan di ikuti oleh Kepala OPD, Camat, intansi vertikal, dan tim dari Event Organizer (EO).

Asisten 3 Raf'an menyampaikan  terselenggaranya acara Pasaman Barat Maapam 2020 ini adalah bertujuan untuk melestarikan budaya Minangkabau khususnya di Pasaman Barat. Karena tradisi Maapam selalu dilakukan oleh masyarakat khususnya Pasbar pada bulan-bulan khusus.

"Tradisi Maapam perlu kita lestarikan, karena tradisi ini dilakukan hanya pada bulan-bulan khusus, seperti menyambut bulan suci Ramadhan dan Maulid Nabi Muhammad SAW. Dan untuk itu, semua yang telah direncanakan agar dapat terealisasikan sesuai rencana yaitu Maapam dengan 1000 tungku," ungkap Raf'an.

Acara mapam akan diikuti oleh kaum ibu-ibu yang berusia 30 ke atas. Hal tersebut agar Tradisi Maapam dapat dilestarikan kepada generasi penerus.

Selain itu, Raf'an juga menghimbau kepada Panitia yang telah ditunjuk untuk dapat melaksanakan tugas sesuai ketentuan yang telah ditetapkan bersamama. Dan mempersiapkan semua kebutuhan perlengkapan Acara Maapam, agar nantinya dapat terlaksana dengan sukses

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Andrinaldi, menyampaikan acara akan digelar pada tanggal 11 Maret 2020 mulai pukul 07.30--12.00 WIB. Pasaman Barat Maapam 2020 akan diikuti oleh Forkopimda, seluruh OPD, Forkopimca, wali nagari, jorong, Ormas, Intansi vertikal, mahasiswa, sekolah dan masyarakat umum lainnya.

"Nantinya juga akan diadakan lomba foto Maapam dan lomba logo Maapam,  yang nantinya akan didapatkan pemenang dari jumlah like foto terbanyak bagi masing-masing pesertanya," pungkasnya.( Bud)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini