DPRD Bahas LKPJ 2019 Walikota Padang

×

DPRD Bahas LKPJ 2019 Walikota Padang

Bagikan berita
DPRD  Bahas LKPJ 2019 Walikota Padang
DPRD Bahas LKPJ 2019 Walikota Padang



Padang, Kupasonline--Sempat diwarnai aksi walk out (WO) oleh tiga fraksi DPRD Padang, rapat paripurna penyampaian nota Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Padang Tahun 2019 kembali digelar, Senin (16/3) setelah Wako Mahyeldi Ansharullah datang.

Pada kesempatan itu, Mahyeldi mengatakan, sesuai peraturan perundang-undangan bahwa kegiatan tahunan yang telah berjalan harus segera dilaporkan dalam bentuk LKPJ.

Kita telah sampaikan LKPJ tahun 2019 kepada DPRD dan bacakan dalam rapat paripurna terbuka untuk selanjutnya dibahas oleh DPRD dibarengi pemberian catatan-catatan dan masukan. Kira-kira apa yang mesti kita perbaiki ke depan, sehingga itu menjadi masukan bagi kita dalam pelaksanaan APBD tahun ini dan selanjutnya, ujarnya.

Ia mengungkapkan, laporan ini merupakan wujud nyata bentuk akuntabilitas publik dari Pemko Padang kepada DPRD Padang sebagai wakil rakyat. Tujuan dari penyampaian LKPJ ini adalah dalam rangka penguatan pelaksanaan otonomi daerah agar berjalan sebagaimana mestinya sesuai tujuan dan sasaran yang diharapkan.

Ia menjelaskan, bahwa LKPJ yang disampaikan tersebut pada hakikatnya adalah laporan atau informasi tentang hasil dan capaian program kegiatan atas pemanfaatan keuangan daerah sebagaimana yang telah disepakati antara pemerintah daerah dan DPRD.

Hasil-hasil yang dicapai beserta persoalan yang dihadapi selama pelaksanaan tugas di 2019 akan kita evaluasi bersama dan akan dijadikan masukan bagi pelaksanaan tugas untuk tahun yang akan datang, ungkapnya.

Adapun terkait pencapaian pelaksanaan APBD Kota Padang di 2019 yaitu cukup baik yakni di atas 85 persen. Menurutnya tentu ada beberapa hal yang dicermati, karena ada beberapa kegiatan yang masih tahap tender dan bisa dilaksanakannya di tahun 2020 ini.

Mudah-mudahan ke depan semuanya akan lebih baik lagi, sehingga anggaran kegiatan dan pembangunan yang sudah kita alokasikan bisa dikelola dan dimanfaatkan secara lebih baik, ucap politisi PKS ini.

Ia menyampaikan bahwasanya Pemko Padang dengan semangat bersama ingin terus memberikan yang terbaik kepada masyarakat Kota Padang melalui program kegiatan dari tahun ke tahun.

Sementara itu, Ketua DPRD Padang Syafrial Kani menyampaikan, atas nama pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kota Padang mengapresiasi pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan dan disampaikan melalui LKPJ Wali Kota Padang tahun 2019 kali ini. Ia berharap kinerja Pemko Padang lebih meningkat lagi dan terus meningkatkan sinergi bersama DPRD dalam membangun dan memajukan Kota Padang serta menjawab kebutuhan yang ada di masyarakat. (ags)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini