Reses Sekretaris Komisi I DPRD Mentawai di Kecamatan Siberut Selatan, Masyarakat Sampaikan Aspirasi

×

Reses Sekretaris Komisi I DPRD Mentawai di Kecamatan Siberut Selatan, Masyarakat Sampaikan Aspirasi

Bagikan berita
Reses Sekretaris Komisi I DPRD Mentawai di Kecamatan Siberut Selatan, Masyarakat Sampaikan Aspirasi
Reses Sekretaris Komisi I DPRD Mentawai di Kecamatan Siberut Selatan, Masyarakat Sampaikan Aspirasi

Reses Anggota Sekretaris Komisi I DPRD Mentawai Stefanus Sabaggalet, di Desa Muara Siberut dan Desa Munte, Kecamatan Siberut Selatan.



Mentawai, Kupasonline-
Sekretaris Komisi I DPRD Kabupaten kepulauan Mentawai Stefanus Sabaggalet melakukan Reses Dewan ke Dapil IIi daerah pemilihannya, di Rumah kepala Dusun Tiop  Desa Katurei dan  Kepala Dusun Sarausau, Desa Muara Siberut Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten kepulauan Mentawai, Selasa (17/03/2020).

Dalam kunjungan tersebut  Stefanus Sabaggalet menyoroti beberapa hal yang disampaikan masyarakat terutama terkait Air bersih (Pamsimas), Penerangan (PLN), batas Desa Munthe dan Desa Muara Siberut, kinerja PKK kecamatan, bedah rumah,  sekaligus kelompok tani.

Dalam kegiatan reses ini, Stefanus Sekretaris komisi I DPRD Mentawai mengatakan,  pembicaraan dalam reses ini masyarakat  menyampaikan yakni, masalah bedah rumah, dimana bedah rumah sekarang ini sedang berjalan dan ada beberapa warga yang belum mendapatkan bantuan bedah rumah, jadi kita memberikan solusi kepada masyarakat, Supaya mempersiapkan proposal  dan  proposal tersebut diajukan ke insatnsi terkait Dinas Perumahan Kabupaten Kepulauan Mentawai,  kita berikan jadwalnya kepada masyarakat hingga bulan April 2020 supaya mengajukannya, sebut Stefanus.

"Banyak usulan-usulan dari masyarakat dalam kegiatan reses, untuk jemput aspirasi masyarakat," ungkap Sekretaris Komisi I DPRD kepada wartawan melalui WhatsApp.

Antara lain, yakni pamsimas, memang pamsimas memang sudah masuk tapi macet airnya tidak keluar, jadi dalam hal ini kita carikan solusinya  kepada kepala dinas terkait PUPR Kabupaten  untuk  menanganinya, tentunya kita harapkan datang mencek kelokasi apa penyebab kejadian bisa macet, agar ditindaklanjuti  bagaimana perbaikannya,  supaya dapat di Pungsikan masyarakat, terang Stefanus.

Lanjut dia, usulan terkait dengan PLN  contoh, dikature PLN yang telah mendapatkan  penerangan yakni, dusun  malilimi, taralago, dan  salah satu dusun saratio belum mendapatkan PLN, sedangkan yg mendapatkan aliran listrik sekarang itu malilimi  dan taralago, dusun yg belum mendapatkan aliran listrik dari PLN,  Ia menghimbau  agar masyarakat mengajukan permohonan pemasangan aliran listrik melalui kantor Rayon PLN Kecamatan Siberut Selatan, supaya permohonan nanti ditindak lanjuti ke PLN provinsi, karena ini salah satu program PLN  Pemerintah Pusat , kami dari DPRD akan mencoba mengontak pihak PLN provinsi, berikutnya tentang tower untuk lokasi kature  itu sdh mendapatkan titik terutama Dusun giok, sarausau dan Toloulaggok,

Lebih lanjut,  ada beberapa kelompok tani, apa yang mereka usulkan tidak pernah direalisasikan oleh Dinas terkait, masyarakat benar - benar berharap kepada kami yang sedang melakukan reses, masyarakat berharap ada lima usulan minimal dapat direalisasikan minal dua atau tiga usulan, Paparnya.

Kemudian, masalah Pendidikan SMP dan SD sudah  di Dusun Tiop maupun dusun sarausau menginginkan sekolah SMP juga dibangun di desa munte disebabkan anak didik sudah memenuhi kuota untuk meningkatkan mutu pendidikan, Jelas Stefanus.

Selanjutnya, masyarakat juga mengusulkan transportasi laut (kapal antar pulau), karena kapal antar pulau sekarang ini cuma sampai di Malilimok tidak sampai ktiop, jadi pada saat musrenbang kemaren di Peipei  kita sudah mendengarkan tanggapan dari Dinas Perhubungan untuk merancang kembali jadwal ke tiop sementara ada usulan lagi untuk membangun,"Infrastruktur jalan dari puro ke dusun Limo agar direncanakan tahun anggaran ini, kurang lebih sepanjang  26 km," mudah-mudahan pelaksanaan pembangunan jalan penghubung antar desa ini berjalan dengan baik, pintanya.

Lalu usulan dari ibu PKK juga, karena selama ini  desa sarausau tidak diikut sertakan oleh Kecamatan dalam kegiatan PKK,  padahal anggaran untuk ibu PKK itu ada,, ini jelas ibu camat sebagai ketua PKK harus  tetap pro aktip lagi untuk betul- betul dijalankan  anggaran ibu PKK itu sesuai aturan, tentunya jangan tinggal diam, kami dari pihak DPRD akan mengingatkan Ketua PKK dan Camat supaya anggaran PKK dapat disalurkan sebagaimana mestinya, tegas Stefanus.

Dalam kegiatan Reses DPRD di Siberut Selatan ini disambut  sangat antusias oleh masyarakat dan kepala dusun Puro bersama kepala dusun taralago,  berhubung  ada Rapat di Ibukota Kabupaten Kepala Desa  serta Camat Siberut Selatan tidak dapat ikut serta dalam kegiatan Reses Sekretaris Komisi I DPRD, tuturnya. (ash)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini